Cara Membedakan Flashdisk Asli Dan Palsu

Pada saat ini telah banyak flasdisk palsu yang beredar dengan beragamjenis merek utamanya Toshiba dan sandisk. Untuk itu, Anda seharusnya paham cara membedakan flashdisk asli dan palsu agar tidak tertipu. Flashdisk yang biasanya terjual dengan kualitas harga yang cukup terjangkau atau dalam artian cukup murah biasanya adalah flashdisk yang palsu.

Flashdis merupakan perangkat yang dipergunakan menyimpan data dalam memori flash yang dapat anda integrasikan dengan port USB. Perangkat ini mempunyai ukuran yang lebih keci dibandingkan dengan optical disk dan flashdisk yang sifatnya removable atau dapat dilepas dan di pasang kembali serta data yang dapat dihapus lalu ditulis ulang dengan menggunakan sistem operasi.

Flashdisk pertama kali muncul pada tahun 2000 dengan berat sekitar 30gr dan saat ini masih terdapat banyak perangkat yang harus digunakan dan bahkan terus mengalami perubahan untuk dikembangkan dengan teknologi yang mumpuni. Bukti yang nyata dengan perkembangan flashdisk adalah bobot data file yang mampu dibawanya. Yang mana pada awalnya flashdisk hanya mampu menampung data kecil namun kini flashdisk dapat menampung data sebesar 1 TB walaupun hanya berupa perangkat kecil.

Dapat dijelaskan bahwa flashdisk merupakan perangkat yang dibuat oleh salah satu ahli teknologi dengan nama Fujio Masuoka. Flashdisk tersebut berasal dari teknologi flash memory pada awal diciptakan tahun 1980. Namun, pada awal pembuatannya yang memiliki paten flashdisk yaitu sebuah perusahaan israel M-System tahun 1999.

✅REKOMENDED:  Inilah 5 Keuntungan yang Dirasakan Pengguna Ketika Memakai Teknologi Lms Berbasis Cloud

Lalu pada tahun 2002 teknologi ini berkembang dan diwaktu tersebut flashdisk banyak diproduksi dengan menggunakan interface USB 2.0 dengan kecepatan transfer mencapau 480Mbit/s. Tahun 2010 muncul interface yang baru dengan USB 3.0 yang menjadikan flashdisk dapat melakukan pemindahan data hingga 5 Gbit/s. Kemudian disusul dengan munculnay USB 3.1 type-c dengan kemampuan untuk memindahkan data kecepatan 530 MB/s.

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa terdapat berbagai cara untuk membedakan flashdisk asli dan palsu yang dapat anda gunakan sebagai bahan untuk hati-hati apabila ingin membeli flashdisk adalah sebagai berikut.

Membedakan Flashdisk Asli dan Palsu

  1. Perhatikan Bentuk port USB

Bentuk port USB pada flashdisk asli terlihat lebih kompleks dari yang palsu. Flashdisk palsu tersebut tentunya berasal dari produksi yang abal-abalan yang tidak memperhatikan detail seperti ini. Motif port USB yang asli juga terlihat sangat berbeda dari yang palsu. Anda dapat menggunakan cara pertama ini untuk membedakannya.

  1. Kualitas Harga

Kadang kala flashdisk yang berasal dari luar negeri akan melalui tahap beacukai lalu dilanjutkan ke distributor resmi dan baru akan dipasarkan secara umum. Dengan adanya pajak dan beacukai setiap barang yang diimpor dari luar negeri maka jangan heran jika kualitas harga menjadi sangat tinggi dari harga asli yang diberikan oleh pabrik produksi.

  1. Hologram Garansi
✅REKOMENDED:  Kamera Laptop Jernih Saat Online Meeting? Begini Caranya

Logo distributor resmi yang ditempel dibagian kemasan dan masing-masing kemasan tersebut memiliki logonya sebagai penanda bahwa barang tersebut asli. Tetapi tidak semua barang memakai hologram distributor yang biasanya segel ini terdapat di barang-barang elektronik dengan garansi secara resmi.

Flshdisk dengan merek apapun itu jika terdapat segel garansi resmi maka dapat dipastikan bahwa falshdisk tersebut asli dan perlu diketahui jika setiap merek memiliki ciri khas segel yang berbeda-beda oleh sebab itu, kita harusnya paham yang mana saja distributor resmi yang mendistribusikan produk tersebut.

  1. Garansi

Ketika anda membeli flashdisk asli dan palsu pastikan bahwa garansi untuk flashdisk tersebut lama. flashdisk yang tidak asli terkadang memiliki masa garansi hanya 1-2 hari bahkan tidak memiliki garansi sama sekali. Sedangkan yang asli garansi yang diberikan relatif lama, 1 tahun atau 2 tahun bahkan dapat memiliki masa garansi seumur hidup.

  1. Warna LED

Selanjutnya yaitu warna pada LED flashdisk contohnya pada merek Toshiba. Flashdisk dengan merek Toshibas ali berwarna kuning kehijauan dan yang palsu berwarna merah.

  1. Kecepatan Transfer

Flahsdisk yang memiliki kecepatan tidak stabil yaitu pada awal sangat stabil namun kemudian menurun secara drastis dan tidak naik lagi. Dan kejadian seperti ini telah dibuktikan dengan banyaknya yang mengalami kekurangan dari flashdisk yang baru dibeli pada kecepatan yang sangat tidak stabil.

  1. Membedakan Flashdisk Asli dan Palsu Gunakan Aplikasi
✅REKOMENDED:  Praktis, Berikut 5 Cara Membedakan AirPods Asli Dan Palsu

Cara terakhir yang dapat anda lakukan adalah menggunakan aplikasi untuk mengecek kapasitas flashdisk yang sebenarnya secara akurat. Apabila kapasitas flashdisk tidak sesuai dengan yang seharusnya maka dapat dikatakan bahwa flashdisk tersebut palsu.

Itulah cara untuk membedakan falshdisk asli dan palsu  untuk anda yang ingin membelinya. namun perlu anda ketahui bahwa perangkat jenis flashdisk ini adalah perangkat yang memiliki fungsi utama untuk menyimpan data dan dapat juga digunakan sebagai salah satu alat transfer data dari komputer yang satu dan komputer yang lainnya.

Dibandingkan dengan diskte atau CD, Pemindahan data menggunakan flashdisk sangat memberikan kemudahan bagi anda. Tidak menimbulkan usaha untuk memperolehnya yang mana perangkat berupa disket maupun CD biasanya mempunyai ukuran yang terkesan lebih kecil dan tidak dapat bertahan lama.

Terdapat jenis flashdisk yang harus anda ketahui sehingga anda dapat memilih maca flashdisk yang sesuai dengan minat anda. Beradasarkan tampilan ada yang namanya kartu flashdisk (dibuat secara kostum dengan nomor pemilik kartu), Gantungan kunci, Flashdisk gelang, Flahsdisk merk dan flashdisk karakter yang dilengkapi desain-desain lucu menarik.

Dengan adanya tulisan ini diharapkan kepada anda untuk lebih teliti membeli flashdisk agar anda tidak merasa menyesal atau dirugikan membeli flashdisk yang bukan aslinya, perlu untuk mampu membedakan flashdisk asli dan palsu.

error: HAYOO MAU NYOLONG YA !!