Penasaran Apa Saja Jenis Lensa Kamera dan Fungsinya? Inilah Informasinya

Bagi pecinta dunia potografi, menggunakan kamera pasti bukan hal yang asing lagi. Terlebih bagi Anda yang sudah pro dibidang tersebut. Perihal pemilihan lensa juga tak akan menjadi sulit. Meski memang jenis lensa kamera cukup beragam.

Dengan demikian, bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja jenisnya, serta seperti apa sajakah kelebihan atau juga fungsi yang dimiliki oleh setiap lensa kamera tersebut. simak langsung informasi lengkapnya berikut ini.

Jenis Lensa Kamera dan Fungsinya

Jenis Lensa Tilt-Shift

Jenis lensa kamera yang pertama adalah Tilt-Shift. Jenis lensa yang satu ini bisa Anda gunakan untuk dapat melakukan manipulasi gambar. Mengapa bisa demikian? Pasalnya jenis lensa satu ini dapat membuat objek terlihat lebih kecil dari aslinya.

Pada biasanya lensa ini memiliki sudut yang lebar sekitar 17mm sampai 35mm. Lensa satu ini sangat mampu membuat Anda mendapatkan gambar dengan resolusi tinggi dan tajam. Tak ketinggalan, kontras yang disematkan didalamnya juga tergolong cukup tinggi tentunya.

Jeis Lensa Zoom

Zoom menjadi jenis lensa yang juga bisa Anda jadikan pilihan untuk mendapatkan hasil jebretan yang luar biasa. Berbeda dengan jenis yang sebelumnya, pada jenis lensa kamera satu ini, Anda dapat mengambil gambar apapun yang diinginkan.

✅REKOMENDED:  Auto Save, Cara Manual Cek Nomor All Operator untuk Mempersingkat Waktu

Ukuran dari jenis lensa yang satu ini terbilang cukup beragam. Satu diantara sekian banyak ukuran yang cukup populer adalah 70-200mm. Banyak sekali profesi tertentu yang menggunakan pilihan lensa Zoom dengan ukuran tersebut.

Tentunya dengan lensa ini, bagi Anda yang ingin mengambil gambar tetapi tak ingin atau tak mampu menjangkaunya secara langsung. Maka jenis lensa kamera Zoom ini dapat membantu Anda memotretnya dari jauh.

Lensa ini cocok dijadikan teman bagi Anda yang gemar melakukan perjalanan sambil mengabadikan moment atau hal menarik dari kejauhan. Juga cukup cocok untuk dibawa ketika Anda menonton konser agar bisa mendapatkan potret idola lebih close lagi.

Jenis Lensa Kit

Jika sejumlah lensa yang sebelumnya biasanya dibeli atau diburu sebagai variasi lensa tambahan. Maka jenis yang satu ini menjadi sebaliknya. Lensa kit merupakan lensa bawaan dari kamera yang Anda beli.

Jenis lensa satu ini dikatakan lebih cocok digunakan untuk memotret ruang yang lebih lebar. Biasanya akan sangat cocok digunakan untuk memotret acara tertentu. Tidak hanya itu, Anda juga masih mampu menciptakan ilusi ruang dengan bantuan lensa bawaan ini.

Pada biasanya, lensa yang satu ini memiliki ukuran 18-55mm tentunya dengan jarak fokal yang cukup lebar.

Jenis Lensa Tele

Mampu memotret objek dari jarak yang cukup jauh menjadi salah satu kelebihan dari lensa satu ini. Bahkan titik fokus yang disematkannya juga terbilang cukup banyak. Maka tak heran jika banyak potografer yang menggunakan lensa yang satu ini.

✅REKOMENDED:  Cara Menghilangkan Noise pada Audio di Android; Kombinasi Aplikasi dan Proses Rekaman

Sebagai salah satu dari sekian banyak jenis lensa kamera, lensa tele dapat melakukan tugasnya untuk zoom objek secara sangat detail. Dengan begitu, hasil yang didapatkannya akan lebih terasa nyata dan terlihat dengan jelas tentunya.

Jika Anda sering memerhatikan wartawan yang memoret pertandingan olahraga dan dapat menghasilkan potret pemain dengan sangat jelasnya. Maka hal tersebut berasal dari bantuan lensa ini. Karena umumnya lensa tele digunakan untuk keperluan yang demikian.

Dengan kemampuannya yang luar biasa tersebut, lensa yang satu ini memiliki ukuran yang cukup besar jika dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Tidak heran bobotnya juga cenderung lebih berat dari lensa biasanya.

Dengan bobot dan ukurannya tersebut, lensa ini agak kurang cocok untuk Anda gunakan sebagai teman memotret secara mobile. Karena memang lensa ini membutuhkan tripod khusus untuk dapat menyangganya.

Jenis Lensa Prime

Tak hanya itu saja, jenis lensa kamera lainnya adalah lensa prime yang juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda dari yang lainnya.

Pada umumnya, orang-orang akan menggunakan lensa ini untuk melakukan pemotretan pada objek yang tidak bergerak. Melainkan yang menggunakannya lah yang harus bergerak.

✅REKOMENDED:  Melihat Perkembangan Ponsel Dulu Hingga Sekarang Yang Semakin Canggih

Maka tak heran, jika kamera ini sangat cocok digunakan untuk memotret diacara pernikahan, atau ketika Anda hendak mengabadikan pemandangan. Tentu lensa yang satu ini dapat membantunya dengan mudah dan hasil yang indah.

Disebut mampu memberikan kualitas foto lebih tinggi dari lensa Zoom, lensa prime juga memiliki bobot yang terbilang cukup ringan. Maka sangat cocok dijadikan teman ketika dalam perjalanan atau hendak melakukan pemotretan secara mobile.

Meski kualitas lensa yang satu ini lebih tinggi dari lensa Zoom. Tetapi prime tak mampu melakukan perintah zoom in layaknya lensa pada umumnya.

Jenis Lensa Makro

Tak hanya berhenti sampai di atas saja. Masih ada jenis lensa lain yang bisa Anda jadikan pilihan dan juga sesuaikan dengan kebutuhan tentunya.

Kali ini  adalah lensa makro. Apakah Anda sudah cukup mengenal jenis lensa satu ini? Atau malah belum sama sekali mendengar atau menggunakannya?

Seperti namanya, lensa ini sangat cocok digunakan untuk menangkap objek secara sangat mendetail. Dengan bantuan lensa ini, Anda dapat memotret objek dengan close up tingkat tinggi.

Meski demikian, tak perlu khawatir hasilnya akan buruk ya. Karena memang pada dasarnya lensa yang satu ini dirancang untuk melakukan pemotretan yang demikian.

Demikianlah informasi yang bisa diberikan, tentunya perihal sejumlah jenis lensa kamera beserta fungsinya yang mesti Anda tahu sebelum membelinya.

error: HAYOO MAU NYOLONG YA !!