Kamera laptop jernih

Kamera Laptop Jernih Saat Online Meeting? Begini Caranya

Ada yang sampai sekarang masih bingung tentang bagaimana cara membuat kamera laptop jernih? Apalagi, saat ini aktivitas seperti online meeting terlalu sering dilakukan. Bukan hanya untuk kalangan pelajar saja, tapi juga pekerja.

Mengingat saat ini masih dalam suasana pandemi. Sehingga mengharuskan kegiatan dimaksimalkan untuk dilakukan di rumah seperti belajar maupun bekerja. Oleh sebab itu, penggunaan kamera laptop sekarang dinilai cukup intens.

Masalahnya, tidak semua kamera laptop jernih saat harus digunakan meeting online. Tapi jangan khawatir, sebenarnya ada kok cara untuk mengusahakan supaya kamera laptop atau webcam bisa jernih, begini penjelasan selengkapnya:

Cara Agar Kamera Laptop Jernih

Anda mungkin tak terlalu percaya diri saat tampilan webcam atau kamera bawaan terlihat kurang maksimal. Terutama saat harus mengikuti online meeting. Untuk mendapatkan tampilan kamera laptop terbaik, jelas dan terang, simak cara-caranya di bawah ini.

Bersihkan Lensa Kamera Laptop

Langkah awal dan paling sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membuat kamera adalah dengan membersihkan lensanya. Anda harus tahu bahwa cukup banyak orang yang kurang memperhatikan kebersihan perangkat laptopnya.

Tidak jarang ada pengguna laptop sejak beli pertama kali tidak pernah dibersihkan sama sekali. Lalu bagaimana cara membersihkan bagian lensa kamera laptop? Caranya mudah saja, cukup gunakan cairan pembersih lensa serta kain untuk kacamata.

✅REKOMENDED:  Spesifikasi dan Ulasan Secara Lengkap MacBook Pro M1 13 Inci 2020

Cairan pembersih pun dapat Anda pilih yang biasa dipakai untuk lensa proyektor. Jangan gunakan tisu karena terbuat dari serat kayu yang berpotensi menggores lensa. Dengan begitu, kamera laptop jernih dapat diwujudkan.

Pilih Sudut Dengan Pencahayaan Terang

Begitu lensa kamera laptop sudah bersih, lanjutkan dengan mencari spot ruangan dengan pencahayaan yang terang. Alasan mengapa hasil live/video dari kamera laptop menampilkan terkesan kurang berkualitas adalah kurangnya pencahayaan.

Oleh sebab itu, untuk tampilan kamera laptop jernih Anda harus mendapatkan cahaya terang dalam jumlah cukup. Dengan begitu, hasil tampilan saat online meeting nanti akan dilihat oleh peserta lain lebih jernih dan berkualitas.

Tapi masalahnya, ada beberapa ruangan yang memang tidak ada pencahayaan cukup. Kalau ada dalam kondisi tersebut, silahkan Anda gunakan saja lampu eksternal. Sehingga bisa mendapatkan jumlah cahaya mumpuni untuk hasil tampilan kamera laptop yang maksimal.

Pilih Background Yang Tepat

Untuk mendapatkan hasil kamera laptop jernih berikutnya adalah dengan pintar memilih background yang tepat. Masih banyak orang yang mengabaikan fakta ini dan melakukan online meeting di sembarang tempat.

Coba Anda lihat orang yang melakukan online meeting dengan background yang berantakan. Tentu saja tampilannya tidak enak dilihat bukan? Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk memilih sudut yang tepat dalam ruangan sebelum memulai meeting online.

Tampilan yang mudah didapatkan dengan cara menggunakan background dinding polos saja. Bisa juga memilih background lain seperti rak buku sehingga mampu menghadirkan kesan simple namun tetap rapi.

✅REKOMENDED:  Rekomendasi Laptop 5 Jutaan Ini Berkualitas Dewa dengan Harga Tak Seberapa

Saat ini, aplikasi online meeting seperti zoom atau google meet sudah dilengkapi dengan fitur pengatiran background secara otomatis. Sehingga, Anda dapat mengandalkannya apabila diperlukan.

Menggunakan Aplikasi Kamera Laptop

Untuk membuat tampilan kamera laptop jernih dapat juga pakai aplikasi. Aplikasi kamera laptop adalah yang paling direkomendasikan. Sekarang ini apalikasi seperti ini sudah cukup banyak jumlahnya.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, hasil gambar atau video dari kamera laptop Anda akan jauh lebih jernih dan enak dipandang. Selain jenisnya banyak, aplikasi kamera laptop pun dipenuhi fitur lengkap.

Bukan hanya membuat hasil dan kualitasnya makin tajam saja. Aplikasi kamera laptop biasanya juga punya fitur untuk menambahkan efek ketika mengambil foto atau video.

Jadi, Anda dapat sekalian edit dan makin percaya diri ketika harus mengikuti online meeting. Kalau ingin tahu rekomendasi aplikasi kamera laptop terbaik, mungkin bisa dicoba youcam manycam atau free screencast.

Tidak Membuka Terlalu Banyak Aplikasi

Ada hal lain yang turut mempengaruhi kualitas kamera laptop jernih atau tidak, yaitu kemampuan processor perangkat. Walaupun Anda berusaha sekuat tenaga demi memperoleh hasil video online meeting berkualitas akan sama saja jika bebannya berlebihan.

Saat terdapat cukup banyak aplikasi yang sedang terbuka pada perangkat laptop, tentu saja itu akan sangat membebani processor. Akibatnya, Anda tidak akan dapat merender video secara maksimal.

✅REKOMENDED:  Cara Agar Kamera Laptop Jernih Saat Dipakai Webcam, Simak Ulasannya

Maka, cara agar kualitas ada baiknya Anda tutup tab program-program yang sekiranya berat. Lakukan hal ini sebelum online meeting dimulai. Program atau aplikasi berat ini contohnya seperti desain grafis, dan lainnya.

Ubah Setting Bawaan Laptop

Cara lain yang bisa Anda coba untuk menghasilkan tampilan kamera laptop berkualitas adalah melakukan pengaturan. Ini adalah trik saat Anda mau menampilkan kamera bawaan laptop dengan jernih tanpa bantuan aplikasi.

Trik supaya kamera laptop jernih yang satu ini dapat diterapkan apabila Anda pengguna windows. Pengaplikasikannya berbeda-beda tergantung versi windows yang Anda pakai. Ada yang lewat control panel lalu klik device and setting lalu klik kamera.

Namun, untuk Anda pengguna windows 10 pengaplikasiannya adalah silahkan masukkan kata kunci kamera pada “search bar”. Setelah muncul, baru pilih ikon pengaturan. Pengaturan ini hanya sebatas mengubah hal-hal standar saja.

Seperti mengubah rasio serta resolusi kamera atau fps. Pada laptop yang agak canggih, pengaturannya lebih lengkap seperti adanya fitur spot adjust. Dengan begitu, kamera dapat diwujudkan.

Paling penting sebenarnya adalah untuk membuat kamera bawaan laptop jernih yaitu Anda harus  memilih resolusi dan fps tertinggi. Resolusi berpengaruh pada seberapa detail hasil kamera. Sedangkan fps akan membantu menghasilkan video jauh lebih halus.

Itu dia tadi cara-cara supaya kamera laptop jernih. Anda dapat mencobanya saat harus ikut dalam online meeting. Dijamin 100% berhasil dan mudah diaplikasikan.

error: HAYOO MAU NYOLONG YA !!