Aplikasi identifikasi tanaman

Rekomendasi Aplikasi Identifikasi Tanaman Terbaik

Aplikasi identifikasi tanaman dibutuhkan untuk kalangan tertentu. Seperti misalnya seseorang sedang ingin tahu tentang jenis tanaman apa yang ditemuinya. Berkat perkembangan teknologi saat ini, aktivitas tersebut begitu mudah dilakukan.

Dengan aplikasi tersebut, Anda hanya perlu foto atau scan saja tanaman atau bunga yang ingin diketahui jenisnya. Adanya teknologi machine learning atau kecerdasan buatan (AI), aplikasi pun dapat mendeteksi dan memberikan hasilnya pada pengguna.

Sehingga, apabila Anda ingin tahu jenis sekuntum bunga yang sebelumnya belum pernah dilihat, dapat memanfaatkan aplikasi identifikasi tanaman ini. Aplikasi jenis ini biasanya tersedia baik untuk OS Android maupun ios.

Tinggal sesuaikan saja smartphone apa yang sedang Anda pakai. Hanya saja aplikasi untuk dapat mengidentifikasi jenis tanaman itu banyak jenisnya. Supaya tidak bingung, berikut apa saja rekomendasi yang terbaik:

Aplikasi Identifikasi Tanaman Terbaik 2022

Google Lens

Pertama adalah untuk Android terbaik bernama Google Lens. Banyak fitur di dalamnya yang dapat membantu Anda saat ingin tahu jenis tanaman. Mulai dari memindai, mengidentifikasi hewan dan tumbuhan, serta banyak lagi.

Cara pengaplikasian Google Lens pun tergolong mudah. Anda hanya perlu mengambil gambar tanaman yang ingin diketahui jenisnya. Tak banyak membutuhkan waktu lama, aplikasi ini akan memberikan hasil berupa foto dan daftar konten terkait yang serupa.

✅REKOMENDED:  Aplikasi Edit Video – Cocok untuk Conten Creator Pemula 2021

PictureThis

Jika aplikasi identifikasi tanaman sebelumnya tidak seberapa nyaman Anda gunakan, coba yang satu ini. PictureThis ini compatible untuk OS Android maupun ios sehingga sangat direkomendasikan. Apalagi aplikasinya gratis jadi tidak akan memberatkan pengguna.

Bagi Anda kalangan pemula pun dijamin tidak akan merasa kesulitan saat menggunakannya. Sebab, aplikasi ini dilengkapi dengan interface yang sederhana. Hasil yang ditampilkan sangat akurat sehingga banyak yang memilih mencobanya.

Dari salah satu aplikasi ini, Anda akan dapat informasi detail terkait jenis tanaman yang ingin diketahui. Jika Anda ingin menggunakan dalam versi premium atau berbayar, maka akan semakin nyaman karena tidak akan diganggu oleh tampilan iklan.

PlanSnap

Sama dengan aplikasi sebelumnya, PlanSnap juga dapat digunakan untuk Android dan ios. Fiturnya lumayan lengkap dan mudah digunakan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah Anda harus mengambil foto tanaman.

Nanti, secara otomatis aplikasi ini akan memindai foto yang diambil tadi. Tidak akan butuh waktu lama, aplikasi pun akan menampilkan informasi terkait tanaman tersebut.

Baik itu nama tanaman, hingga informasi lengkap dan terbaru lainnya yang dapat menjadi sumber referensi bagi Anda. Aplikasi ini tersedia secara gratis dan sudah cukup banyak penggunanya.

Plant Identification ++

Bagi pengguna iPhone yaitu OS ios, dapat menggunakan salah satu dari sekian rekomendasi aplikasi identifikasi tanaman yang satu ini. Plan Identification ++ ini begitu praktis dan mudah digunakan.

✅REKOMENDED:  Ketahui! Beberapa Aplikasi Pengingat Sholat Yang Dapat Anda Gunakan

Seperti aplikasi lain yang masih serupa, pengguna hanya perlu mengambil foto tanaman atau mengambilnya langsung dari galeri untuk diidentifikasi. Setelah itu, aplikasi akan langsung mencari basis data dari tanaman tersebut.

Tidak lama, hasil identifikasi keluar dan dijamin akurat. Bahkan, foto yang sudah diambil tadi nantinya akan otomatis tersimpan pada menu My Collection. Aplikasi identifikasi tanaman ini dapat Anda gunakan gratis.

Namun, jika ingin lebih puas mencoba banyak fitur, bisa dicoba untuk menggunakan tang berbayar. Banyak fitur premium yang dapat Anda gunakan, sehingga proses identifikasi tanaman jadi lebih leluasa.

Leafsnap

Anda pengguna Android maupun iPhone dapat menggunakan aplikasi identifikasi tanaman ini. Mungkin sedang kesulitan mencari jenis atau genus bunga liar yang Anda anggap indah? Informasinya akan dibantu dengan aplikasi Leafsnap tersebut.

Kemampuan aplikasi Leafsnap tidak boleh dianggap remeh. Bagaimana tidak jika aplikasi ini mampu mengenali 90% dari semua jenis spesies pohon maupun tanaman di dunia. Artinya mencakup hampir semua spesies yang ada bukan?

Aplikasi dilengkapi dengan fitur canggih yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna. Fitur paling menonjol adalah dapat mengenali ribuan tanaman, buah, bunga, maupun pohon hanya dengan memanfaatkan kecerdasan buatan di dalamnya.

Melihat dari begitu menakjubkannya aplikasi ini, apakah pengguna dapat menikmatinya secara gratis? Tenang, pengguna Android dapat mengunduhnya dari Play Store sementara iPhone boleh mendapatkan secara gratis via App Store.

✅REKOMENDED:  Simak! Aplikasi Buat Story Yang Dapat Anda Pakai Agar Aesthetic

iNaturalist

Bila mencari aplikasi identifikasi tanaman dan hewan yang tak kalah bagus, coba Anda gunakan iNaturalist ini saja. Jika pada aplikasi lain serupa mungkin Anda hanya dapat informasi tentang jenis suatu tanaman saja.

Beda dengan aplikasi satu ini, Anda dapat sekalian bergabung dengan 400 ribu lebih komunitas terkenal di dunia dari beberapa kalangan. Mulai dari para ilmuwan, natularis, dan masih banyak lagi.

Tentu saja, orang-orang seperti itu bisa membantu Anda untuk belajar lebih dalam tentang alam. iNaturalist ini punya fitur utama yaitu dapat menemukan spesies terbaru yang mungkin belum pernah Anda lihat.

NatureID: Plan Identification

Satu lagi aplikasi pengidentifikasi tanaman khusus untuk pengguna OS ios atau iPhone. NatureID: Plan Identification dapat membantu pengguna yang ingin tahu jenis tanaman tertentu.

Sedikit berbeda dengan aplikasi identifikasi tanaman yang lain yaitu hanya menggunakan foto objek. Aplikasi ini memberikan informasi pada pengguna dengan cara menarik kartu ID di atasnya.

Pada kartu ID tersebut nantinya akan tersaji informasi tentang nama tanaman, daftar subspecies, taksonomi, budidaya, hingga penggunaan praktis untuk tanaman. Bahkan ada banyak tambahan hal-hal menarik dari tanaman yang mungkin belum pernah Anda tahu.

Itu dia tadi beberapa rekomendasi aplikasi identifikasi tanaman terbaik. Ada yang compatible untuk perangkat berbasis Android maupun ios. Anda dapat unduh secara gratis walaupun ada yang punya versi premiumnya sehingga bisa merasakan fitur lebih lengkap.

error: HAYOO MAU NYOLONG YA !!