Tips merekam video

Tips Merekam Video Dengan Kamera Smartphone Ala Profesional

Smartphone menjadi salah satu alat andalan untuk mengabadikan setiap moment. Kamera smartphone sudah dilengkapi dengan fitur canggih untuk memotret objek dan merekam video. Untuk mendapatkan hasil yang keren, Anda perlu memahami beberapa tips merekam video dengan kamera smartphone.

Era modern yang serba digital ini, membuat kegiatan merekam video memiliki banyak tujuan. Seperti pembuatan video endorse, merekam aktivitas sehari-hari untuk vlog dan youtube, menambah eksistensi untuk diupload di beberapa platform media sosial, dan lain sebagainya.

Tips Merekam Video Dengan Kamera Smartphone Ala Profesional

Agar dapat menghasilkan rekaman video yang bagus, tentu Anda perlu memaksimalkan segala fitur kamera smartphone. Namun hal itu akan sia-sia saja jika Anda juga kurang memahami cara merekam video dengan cara yang tepat. Berikut tips merekam video yang bisa Anda pelajari.

  1. Tips merekam video dengan kamera smartphone: perhatikan posisi kamera ketika merekam video

Merekam video dengan posisi kamera vertikal memang sering digunakan karena lebih mudah dan praktis. Hasil rekaman vertikal akan terlihat bagus di smartphone namun tidak akan tampak bagus jika dilihat di perangkat lain.

✅REKOMENDED:  Inilah Handphone Samsung Dibawah 2 Juta Keluaran Terbaru 2021

Jika Anda melihat hasilnya lewat PC atau menggunggah ke youtube maka hasilnya akan terlihat kecil, sempit dan membuat fokus kurang luas. Oleh karena itu biasakanlah untuk merekam video dengan posisi horizontal atau tampilan landscape.

Ada beberapa aplikasi yang bisa merubah hasil rekaman video dari posisi vertikal ke horizontal. Namun akan lebih baik dan memudahkan pengeditan video jika diawali dengan merekam dengan posisi horizontal.

  1. Posisikan kamera tetap stabil

Proses perekaman video membutuhkan posisi kamera yang tetap stabil. Tips merekam video dengan kamera smartphone untuk menghindari guncangan adalah memegang dengan dua tangan.

Namun jika video yang direkam membutuhkan durasi yang lama maka memegang kamera secara terus menerus tentu akan kesulitan. Untuk memudahkan perekaman maka Anda bisa memanfaatkan penggunaan tripod.

Ada berbagai macam tripod yang dijual dengan berbagai kelebihannya. Misalnya tripod dengan kaki mungil dan pendek untuk diletakkan diatas meja, tripod dengan kaki yang bisa dilipat, dan tripod seperti gorillapod dengan kaki yang fleksibel.

Pilihlah tripod yang sesuai dengan kebutuhan konsep video yang Anda rekam. Tentunya cara ini akan sangat membantu karena Anda tidak perlu repot memegang kamera smarphone dan anti capek.

  1. Pahami posisi mikrofon

Kualitas video yang baik selalu didukung dengan audio yang jelas. Tips merekam video dengan kamera smartphone selanjutnya adalah memperhatikan kualitas audio yang masuk dalam video.

✅REKOMENDED:  Ini Perbedaan Oppo A52 dan A53 Mulai dari Harga Hingga Spesifikasi!

Pahami posisi mikrofon dari smartphone yang Anda gunakan. Hal kecil ini jika tidak disadari malah akan merugikan. Misalnya ketika tanpa sengaja mikrofon tertutup oleh tangan ketika proses perekaman berlangsung.

Smartphone yang ada saat ini sudah didesain dengan canggih. Banyak HP yang sudah memiliki audio bawaan yang sudah sangat bagus dan mumpuni. Hamun untuk hasil video yang maksimal, tidak ada ruginya akan menggunakan microfon tambahan.

Hal ini bertujuan agar mikrofon tambahan tersebut bisa menangkap audio yang jelas dan penting saja. Tentu saja mengingat banyak suara lain disekitar yang akan ikut terekam atau terjadi kebocoran audio.

  1. Perhatikan ritme ucapan dan gerakan

Tips merekam video dengan kamera smartphone yang tidak kalah penting adalah pengaturan ritme dengan baik. Merekam video tidak bisa dilakukan dengan terburu. Buatlah video yang direkam senatural mungkin dengan ritme ucapan dan gerak tubuh yang baik.

Keuntungan menerapkan tips ini adalah informasi atau pesan yang akan disampaikan akan dapat diterima penonton dengan baik. Tentu saja bagi penonton yang melihat akan senang melihat setiap video yang Anda buat.

Hal ini tentu saja tidak berlaku untuk Anda yang memiliki konsep video dengan tema atraktif. Jadi selalu pikirkan kesesuaian video dan segala hal seputar proses perekaman video.

  1. Jangan menggunakan digital zoom

Merekam video dengan menggunakan mode digital zoom sangat tidak disarankan. Memperbesar objek yang diambil akan membuat hasil rekaman pecah dan kurang focus. Tips merekam video dengan kamera smartphone adalah mendekatlah pada objek yang dirasa jauh.

  1. Perhatikan sumber cahaya

Sumber cahaya memeiliki pengaruh yang penting terhadap suatu kualitas video yang direkam. Sumber cahaya terbaik tentu saja sinar matahari. Lalu bagaimana jika perekaman video dilakukan pada malam hari atau dilakukan di dalam ruangan?

✅REKOMENDED:  Kelebihan Dan Kelemahan Xiaomi Redmi Note 3

Alternatif cara yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan portable LRD lights. Cahaya buatan ini banyak dijual di toko ataupun toko online. Tentu saja dengan spesifikasi dan harga yang berbeda-beda.

Tips merekam video dengan kamera smartphone yaitu tidak disarankan menggunakan cahaya flash. Hal ini hanya akan menerangi bagian depannya saja, sedangkan background tetap akan terlihat gelap.

  1. Fitur timestamps dan slow motion

Anda perlu belajar dan memahami fitur timestamps dan slow motion. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda dan penggunaannya bisa disesuaikan dengan konsep video yang Anda buat.

Mode slow motion memberikan efek lambat yang lebih dramatis dan menangkap gerakan yang tidak bisa ditangkap mata. Sedangkan fitur timestamps berguna untuk mempercepat video dan menunjukkan efek perubahan dari suatu peristiwa.

Itulah sedikit penjabaran seputar tips merekam video dengan kamera smartphone. Semua orang bisa merekam video asalkan paham teknik dasarnya. Untuk bisa mahir dengan hasil yang terlihat profesional tentunya membutuhkan waktu dan latihan yang kontinyu untuk mempelajarinya.

error: HAYOO MAU NYOLONG YA !!