Cara mengatasi wa eror

Cara Mengatasi WA Eror dan Pending dengan Mudah

WA menjadi salah satu platform chatting paling populer saat ini. Tak heran banyak orang Indonesia yang menggunakannya, sehingga urusan kerja maupun pribadi jadi lebih mudah. Meski sering mengalami gangguan, ada cara mengatasi WA eror yang bisa Anda coba.

WA yang eror bisa disebakan beberapa hal, mulai dari proses update aplikasi, bug, hingga jaringan internet yang lambat. Jika Anda mengalami masalah berupa WA yang eror atau mengalami pending, berikut adalah penjelasan terkait penyelesaiannya.

Panduan Mengatasi WA Eror

Instal Ulang WA

Kemungkinan WA gagal dan tak bisa Anda gunakan adalah proses install atau pemasangan yang tak selesai. Karena alasan inilah, Anda bisa melakukan install ulang pada WA untuk mengatasi WA yang eror.

Biasanya cara mengatasinya adalah dengan mencopot aplikasi WA yang sudah terpasang, kemudian mengunduh dan memasangnya kembali. Masalah WA yang tak bisa Anda buka atau eror, bisa jadi karena sistem operasi yang Anda gunakan belum mendapatkan pembaruan.

Oleh karena itu, setelah Anda memasang aplikasi WA baru dan masih tak bisa membukanya, Anda bisa melakukan pembaruan pada sistem operasi. Caranya dengan masuk di menu Pengaturan, kemudian masuk ke menu Tentang Ponsel, pilih opsi System Updater untuk melakukan pembaruan.

✅REKOMENDED:  Daftar Harga Hp Coolpad Sekitar 1 Jutaan 2022

Mengatasi WA Eror Karena Pesan Pending

Apabila Anda mengalami masalah pesan WA yang eror, Anda bisa melihat jaringan internet yang sedang Anda gunakan. Biasanya WA yang pesannya tak terkirim terjadi karena jaringan internet yang lambat atau mati.

Setiap daerah punya kekuatan jaringan internet yang berbeda, karena itu Anda bisa mengatasi WA eror tersebut dengan memeriksa jaringan internet. Caranya dengan masuk ke menu Pengaturan, kemudian memilih menu SIM dan Jaringan.

Dari sana Anda bisa melanjutkan untuk masuk ke bagian data seluler, pastikan bahwa posisinya memang menyala. Jika mati, Anda bisa menyalakannya secara manual terlebih dahulu. Apabila kuota Anda ternyata habis, segera lakukan isi ulang.

Kunci Jaringan ke 4G

Hal yang sama jika masalah WA Anda adalah pesan yang pending atau tak terkirim. Anda bisa mengunci jaringannya ke 4G atau LTE Only. Dengan mengunci jaringan tersebut, Anda bisa lebih mudah mendapatkan sinyal untuk berkirim pesan via WA.

Untuk mengunci jaringan tersebut Anda bisa menggunakan panduan berikut ini, yakni:

  • Masuk ke menu Setting di perangkat ponsel Anda.
  • Jika sudah, cara mengatasi WA eror selanjutnya adalah masuk ke menu SIM dan jaringan.
  • Lanjutkan dengan memilih kartu yang Anda gunakan untuk mengakses internet.
  • Disana akan tersedia tipe jaringan yang bisa Anda gunakan, pilih LTE atau 4G Only.
✅REKOMENDED:  Hp Terbagus Di Dunia di Tahun 2017

Apabila Anda tak bisa melakukan cara diatas, Anda juga bisa menggunakan cara lain, yakni dengan menekan kombinasi angka *#*#4636#*#* di menu telepon. Anda tak perlu menekan menu Call, karena nantinya dalam daftar menu akan muncul jendela Phone Information.

Dari sana Anda bisa masuk ke bagian Jenis Jaringan, lanutkan dengan memilih opsi LTE Only. Apabila proses setting sudah Anda selesaikan, Anda bisa memilih menu Back untuk mengunci jaringan tersebut.

Hidup dan Matikan Mode Pesawat

Cara mengatasi WA eror selanjutnya adalah mematikan dan menghidupkan mode pesawat. Anda bisa menggunakan cara ini jika pesan WA tak terkirim dan mengalami pending dalam jangka waktu lama. Biasanya masalah ini terjadi karena sinyal jaringan Anda tak stabil.

Menyalakan dan mematikan mode pesawat tak sulit buat dilakukan, Anda bisa menggunakan menu short cut yang ada di bagian taskbar ponsel. Cukup tekan untuk mengaktifkan mode pesawat, tunggu sejenak, kemudian matikan kembali.

Cara ini bisa Anda gunakan untuk melakukan restart pada jaringan, sehingga ponsel akan mencari sinyal secepat mungkin. Meski terkesan sederhana, Anda bisa menggunakan cara ini untuk membiasakan ponsel dengan jaringan yang ada di sekitar Anda.

Mematikan Mode Hemat Daya

Ada cara lain untuk mengatasi WA eror, yakni dengan mematikan mode hemat daya. Umumnya setiap ponsel menyediakan mode hemat daya untuk melakukan pembatasan penggunaan daya baterai.

✅REKOMENDED:  Rekomendasi Ponsel 5g yang Tengah Beken Dipasaran

Biasanya fitur ini akan membuat ponsel mematikan beberapa aplikasi yang berjalan di belakang layar, kemudian membatasi penggunaan data agar tak menghabiskan baterai. Anda bisa menonaktifkannya lewat menu taskbar yang ada di bagian atas atau bawah ponsel.

Namun jika ponsel yang Anda gunakan tak menyediakan menu taskbar khusus untuk mode hemat daya, Anda bisa menonaktifkannya secara manual. Caranya dengan masuk ke menu setting, kemudian pilih opsi Baterai.

Dari sana, Anda bisa masuk ke pilihan menu Battery Saver. Anda tinggal menonaktifkan fitur tersebut dengan memindah log yang tersedia. Cara mengatasi WA eror ini mudah dan tak sulit untuk Anda lakukan.

Lakukan Update Terbaru

Ketika WA mendapatkan versi update terbaru, Anda akan diminta melakukan pembaruan aplikasi. Cara untuk melakukannya tak sulit, Anda bisa langsung masuk ke menu Play Store dan memilih aplikasi WA setelah melakukan pencarian lewat bar search.

Dari sana Anda bisa langsung melakukan pembaruan dengan memilih opsi Update. Dengan begitu WA yang Anda gunakan akan mendapatkan versi terbaru. Pembarua yang sama bisa Anda lakukan baik via Play Store maupun via App Store.

Berbagai cara mengatasi WA eror diatas bisa Anda coba untuk semua jenis HP. Apabila WA yang Anda gunakan mengalami eror, jangan khawatir, akun Anda akan tetap aman asalkan Anda tak melanggar aturan dari pihak pengembang.

error: HAYOO MAU NYOLONG YA !!