Mengenal Fitur WhatsApp Reactions untuk Chatting yang Lebih Menarik

Fitur WhatsApp reaction merupakan salah satu fitur terbaru dari aplikasi WA. Kini fitur di dalamnya terasa lebih lengkap karena Anda bisa menggunakan banyak pilihan menu untuk berbalas pesan yang lebih bervariasi.

Anda dapat mengirim pesan dengan format atau tampilan yang lebih menarik. Tentunya kehadiran fitur ini akan menjadikan aplikasi WA menjadi lebih menyenangkan dan tidak lagi membosankan.

Sesuai dengan namanya Anda bisa mengirimkan reaksi untuk pesan yang dikirim oleh kontak Anda. Hal ini tentu akan terlihat lebih menarik dan menambah keseruan saat ingin berbalas pesan melalui WhatsApp.

Apa Itu Fitur WhatsApp Reactions?

Sekilas fitur tersebut sudah bisa dipahami bagaimana fungsi dan penggunaannya. Namun Anda tetap perlu mempelajarinya lebih lanjut agar lebih tepat dalam penggunaannya. Dari segi penggunaan bahasa maka fitur ini berarti fitur yang menyatakan reaksi Anda.

Hal tersebut bisa mendefinisikan fitur tersebut secara singkat. Namun secara umum fitur ini dapat diartikan sebagai fitur untuk menanggapi chat dari kontak yang Anda miliki yang ditunjukkan dengan emoji yang tersedia.

Jika Anda tidak terlalu ingin membalas pesan dengan kalimat tertentu maka Anda kini bisa memberikan reaksi saja pada pesan yang dikirim. Fitur ini bisa mewakilkan apa yang ingin Anda utarakan.

✅REKOMENDED:  Berikut Ini Pilihan Aplikasi Cari Kerja Mudah Dapat Posisi

Dari emoji yang tampil pengirim pesan bisa melihat reaksi Anda terhadap pesannya. Hal ini tentu cukup menyenangkan terlebih emoji yang bisa digunakan juga cukup beragam. Emoji yang tersedia yaitu hati, jempol, tertawa, terkejut, sedih serta simbol terimakasih.

Anda bisa memilih emoji yang sesuai dengan reaksi Anda yang sebenarnya terhadap isi pesan yang dikirimkan. Dengan fitur ini bisa membantu Anda untuk tetap membalas pesan tanpa terlalu banyak mengetik kalimat seperti biasanya.

Cara Menggunakan WhatsApp Reactions

Fitur ini baru diluncurkan pada 07 Mei 2022 lalu sehingga masih sangat baru. Meski begitu, fitur ini sudah bisa dicoba oleh pengguna WA di Indonesia. Dengan begitu, Anda sudah bisa mengakses dan menggunakan fitur tersebut pada aplikasi WA yang digunakan.

Syaratnya Anda harus memastikan jika aplikasi WA yang Anda gunakan merupakan aplikasi yang sudah di-update dengan versi terbaru. Bagi Anda yang menggunakan WA versi 2.22.11.9 untuk Android maka dipastikan fitur ini dapat digunakan.

Anda bisa menggunakan fitur dari whatsapp baik untuk pesan secara pribadi maupun pesan melalui grup. Hal ini akan sangat menyenangkan terutama jika Anda benar-benar mengetahui cara penggunaan dan pengaplikasian dari fitur ini.

Agar tidak keliru berikut ini terdapat beberapa cara untuk menggunakan fitur terbaru dari aplikasi WhatsApp tersebut.

Fitur Whatsapp Reactions Buka dan Mulai Obrolan

Hal pertama yang perlu dilakukan ialah membuka dan memulai obrolan dengan memilih salah satu kontak yang ingin Anda hubungi. Hal ini juga tetap berlaku pada saat Anda mendapat pesan dari kontak lain yang ingin menghubungi Anda.

✅REKOMENDED:  Inilah Cara Merubah Format JPG ke PNG di Android Anti Gagal

Kontak yang dimaksud tidak hanya kontak secara individu saja namun Anda juga bisa memberi reaksi pada pesan grup. Jika sudah dibuka maka fitur WhatsApp reactions bisa Anda aplikasikan sesuai kebutuhan.

Memilih Pesan

Fitur ini hanya bisa digunakan untuk pesan yang dikirimkan oleh kontak orang lain yang mengirim pesan kepada Anda. Untuk menunjukkan reaksi tersebut maka Anda harus memilih pesan yang ingin diberi reaksi.

Jika sudah Anda bisa menekan lalu menahan atau hold pesan yang dimaksud hingga muncul pop up khusus yang menampilkan beberapa emoji. Emoji pada fitur tersebut bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan.

Pilih Emoji dari Fitur WhatsApp Reactions

Jika emoji sudah tampil di bagian layar maka Anda hanya tinggal memilihnya sesuai dengan reaksi yang ingin ditunjukkan. Anda perlu memilih emoji yang tepat agar reaksi Anda benar-benar terlihat dan tersampaikan kepada penerima pesan.

Jika sudah dipilih maka reaksi tersebut akan muncul tepat di bawah pesan atau chat yang dimaksud. Anda tak perlu khawatir karena reaksi tersebut pasti akan terlihat dan muncul pada tampilan pesan.

Keunggulan WhatsApp Reactions

Fitur WhatsApp reactions pada dasarnya memiliki keunggulan atau kelebihan yang bisa membuat pengguna merasa lebih puas dalam menggunakan WA. Selain membuat chatting menjadi lebih menarik fitur tersebut juga memiliki keunggulan lainnya.

✅REKOMENDED:  8 Aplikasi Rekaman Suara PC Paling Jernih Wajib Dicoba

Bisa memberikan reaction lebih dari satu kali bahkan bisa berkali-kali. Emoji yang ditampilkan akan berubah pada saat Anda memberikan reaksi lebih dari satu kali. Meski begitu emoji yang tampil tidak akan bertumpuk sehingga tidak enak dipandang.

Hal lain yang menjadi keunggulan fitur ini yaitu pengguna bisa menghapus reaction yang sudah digunakan sebelumnya. Artinya Anda bisa mengoreksi reaksi yang sudah Anda pilih sehingga bisa lebih sesuai dengan keinginan.

Keunggulan berikutnya dari fitur WhatsApp reactions yaitu pemilik pesan akan menerima notifikasi jika chat yang dikirimnya mendapat reaksi. Hal ini tentu menegaskan jika fitur tersebut benar-benar akan muncul dan efektif.

Notifikasi yang muncul sama dengan notifikasi saat Anda menerima pesan baru dari WhatsApp. untuk mengaturnya pun tetap sama yaitu menggunakan menu settings atau pengaturan dan pilih notifikasi.

Pilih opsi notifikasi reaksi untuk section pesan dan grup kemudian geser toggle ke arah kanan sehingga warnanya menjadi hijau. Setelah itu, jika Anda mendapat reaksi dari orang lain maka akan muncul notifikasi pada layar sehingga reaksinya bisa terbaca.

Itulah beberapa penjelasan mengenai fitur WhatsApp reactions yang perlu Anda ketahui agar bisa menggunakan WhatsApp dengan lebih menyenangkan. Anda bisa mengirim pesan dengan lebih menyenangkan dan berbeda dari biasanya.

error: HAYOO MAU NYOLONG YA !!