Cara meningkatkan performa hp

7 Cara Meningkatkan Performa HP yang Mudah dan Efektif

Smartphone yang performanya menurun atau lemot saat digunakan salah satunya dipicu karena usianya sudah terlalu tua. Masalah ini tidak hanya terjadi pada smartphone yang spesifikasinya rendah bahkan smartphone kelas mahal pun dapat mengalami persoalan ini. Itulah sebabnya penting untuk mengetahui cara meningkatkan performa HP yang efektif.

Untungnya dengan cara tersebut masalah yang awalnya besar dan membingungkan Anda kini dapat diselesaikan dengan mudah. Banyak yang bisa Anda coba supaya HP bisa normal seperti awal pertama dipinang.

Bagaimana Cara Meningkatkan Performa HP yang Mudah dan Efektif?

Baiklah bagi Anda yang sudah penasaran Bagaimana caranya.  Di bawah ini yang sudah kami sediakan ulasan lengkap tentang cara meningkatkan performa smartphone Anda:

Copot Pemasangan Bloatware atau Aplikasi Pre-installed

Sebagian besar HP biasanya hadir dengan aplikasi bawaan atau pre installed. Aplikasi tersebut juga sering disebut sebagai bloatware.

Aplikasi ini cukup memakan banyak ruang karena sering berjalan di latar belakang sehingga membuat smartphone jadi lambat. Supaya kondisi smartphone bisa kembali seperti semula, caranya tinggal mencopot pemasangan aplikasi tersebut.

Pergi ke menu setting dan lanjutkan ke Apps, pilih aplikasi pre-installed yang ingin di-uninstall. Tetapi kalau Anda ingin lebih gampang lagi bisa hapusnya dengan files by Google.

✅REKOMENDED:  Amati 6 Ciri iPhone Rekondisi Supaya Tidak Tertipu Saat Membeli

Gunakan Files by Google Supaya Melegakan Penyimpanan

Kalau anda koleksi banyak aplikasi disarankan untuk menggunakan Files  by Google. Ini merupakan Aplikasi Pengelola penyimpanan yang yang bagus dan sangat membantu. Utamanya bagi yang ingin mendapatkan performa smartphone yang lebih gesit.

Cara meningkatkan performa HP yang kedua, tentu saja Anda harus menginstall aplikasi ini. Files by Google menawarkan desain minimalis dan sangat user friendly. Dilengkapi juga dengan kemudahan mengakses penyimpanan sekaligus tab Clean.

Fitur tab clean dapat membantu anda untuk mengetahui sisa kapasitas penyimpanan pada HP. Pada vektor ini anda juga memungkinkan untuk mendapatkan tips dalam upaya menghemat atau melegakan ruang penyimpanan. Pada aplikasi Files dari Google ini Anda juga bisa dengan mudah delete cache tanpa perlu menghapusnya melalui menu Setting.

Instal Aplikasi Versi Ringan

Penyebab HP lambat atau performanya menurun diakibatkan salah satunya aplikasi yang diinstal ukuran filenya berat dan spesifikasinya tidak kompatibel dengan perangkat. Oleh karena itu, cara meningkatkan performa HP yang ketiga adalah dengan mengganti aplikasi tersebut dengan versi ringannya.

Misalnya, Anda menggunakan media sosial Twitter dan Facebook ganti sebagai alternatifnya menggunakan yang versi lite-nya. Penggunaan aplikasi ini akan meringankan kinerja sekaligus meminimalisir pemakaian kuota.

Anda bisa menggunakan aplikasi dengan basis Android Go. Jika, HP yang Anda miliki tergolomg entry level.

✅REKOMENDED:  Ini Perbedaan Oppo A52 dan A53 Mulai dari Harga Hingga Spesifikasi!

Cara Meningkatkan Performa HP dengan Menghindari Pemakaian Live Wallpaper

Penggunaan life wallpaper menjadi salah satu pemicu performa HP Anda menurun. Oleh karena itu solusinya,  pastikan Anda menghindari penggunaan wallpaper tersebut supaya HP tidak lambat terlebih bagi yang spesifikasinya terbatas.

Gejala awal yang umum terjadi dikarenakan menggunakan wallpaper hidup ini tidak hanya lemot tapi kadang keluar sendiri saat Anda berada di aplikasi tertentu. Pastikan wallpaper yang Anda gunakan statis tanpa gerak atau animasi.

Bagi Anda yang kebingungan untuk menemukan wallpaper ringan bisa mencarinya di minimal dan Wallpapers by Google. Upaya ini akan memperbaiki performa HP Anda yang lamban.

Optimalkan Baterai

Cara meningkatkan performa HP berikutnya yaitu dengan mengoptimalkan baterai. Pastikan Anda selalu memantau penggunaan baterai secara teratur Terlebih jika sudah timbul tanda baterai cepat habis dari biasanya. Permasalahan ini biasanya datang karena ada aplikasi yang berjalan di latar belakang tanpa Anda ketahui.

Pengoptimalan baterai dapat dilakukan dengan cara sederhana yaitu pergi ke menu setting dan kemudian opsi baterai. Klik paksa berhenti pada aplikasi supaya perhatikannya saat dilatarbelakang.

Tapi bagi Anda yang menggunakan Smartphone Android 9 Pie keatas, tidak perlu repot menerapkan cara meningkatkan performa HP. Sebab, sudah dilengkapi dengan mode adaptive battery yang dapat memantau dan menghentikan aplikasi berjalan secara otomatis.

Hindari Pemasangan Aplikasi ‘Pengoptimal Baterai’

Jangan mudah terkecoh dengan aplikasi pengoptimal baterai. Sebab, yang terjadi adalah kebalikannya. Manapun memang cara kerjanya mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang sekaligus menghapus cachenya. Tapi di saat bersamaan malware dan berbagai macam iklan mengganggu akan sering tampil di jendela.

✅REKOMENDED:  Inilah 4 Tips Mengosongkan Memori Telepon yang Penuh

Bisa dikatakan tidak ada gunanya jika menginstal aplikasi pengoptimalan baterai. Sebab di sisi lain meringankan beban smartphone tetapi juga menambah beban di sisi lainnya. Jadi disarankan untuk skip aplikasi ini dalam masalah mengoptimalan baterai.

Nonaktifkan Fitur Always on Display

Cara meningkatkan performa HP yang terakhir itu dengan menonaktifkan fitur always on display. Kalaupun memang fitur ini ini berfungsi sebagai membuka notifikasi dan jam tanpa membuka HP.

Tapi sayangnya, kerjanya tersebut terus mengaktifkan layar sehingga akan menguras daya baterai yang tidak sedikit. Jadi kalau HP anda masih mengaktifkan fitur always on display ini disarankan untuk mematikannya.

Pergi ke menu setting kemudian pilih display atau lockscreen untuk menonaktifkannya. Upaya ini akan mengurangi kelambanan HP anda sehingga performa HP akan optimal lagi.

Dari sekian cara yang sudah kami paparkan pastikan Anda memahaminya dengan betul dan segera menerapkannya. Selain mengupayakan untuk selalu mendapatkan performa HP yang optimal juga agar tidak timbul masalah baru karena smartphone terlalu lama lamban.

Cara meningkatkan performa HP di atas sangat efektif untuk diterapkan apalagi yang spesifikasinya rendah. Pastikan Anda selalu menerapkan cara ini agar masalah HP lemot tidak terjadi saat Anda melakukan aktivitas penting dengan smartphone.

error: HAYOO MAU NYOLONG YA !!