Aplikasi knowledge management

Aplikasi Knowledge Management System dan Manfaat Penerapannya dalam Bisnis

Penerapan knowledge management system merupakan upaya perusahaan agar dapat memperluas pengetahuan. Upaya ini dilakukan tentu saja demi mewujudkan jenis maupun perusahaan menjadi lebih berkembang. Aplikasi knowledge management banyak digunakan sebagai media efektifnya.

Ada banyak manfaat penerapan knowledge management system dalam bisnis. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang mengembangkan bisnis, sangat disarankan agar tidak melewatkan salah satu sistem dalam perusahaan ini.

Aplikasi Knowledge Management System

Ada beberapa aplikasi yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin menerapkan knowledge management system dalam perusahaan. Di bawah ulasan lengkap rekomendasi aplikasinya:

eXo

Pertama Anda bisa menggunakan aplikasi eXo untuk menerapkan knowledge management system. Caranya anda perlu login terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya.

Menggunakan aplikasi ini memungkinkan untuk membangun basis pengetahuan untuk umum sekaligus kalibrasi antar tim. Menariknya untuk kalaborasi antartim eXo menawarkan fitur lengkap dan free.

Sebagai aplikasi knowledge management system terbaik, eXo menawarkan keyboard kolaborasi dokumen dengan kontrol izin akses dan versi. Ini tentu memungkinkan Anda untuk membangun forum sendiri.

Terdapat aplikasi kalender dan obrolan untuk akses kolaborasi. Didukung juga dengan aplikaai management tugas yang sesuai alur kerja. Anda juga dapat menemukan aplikasi iOS dan Android asli di eXo ini.

✅REKOMENDED:  Ingin Fasih Berbahasa Korea Seperti Oppa? Inilah 5 Rekomendasi Aplikasinya

Pembuatan situs berbasis portal dan internet dapat juga dilakukan menggunakan aplikasi eXo ini. Sehingga dapat mempermudah karyawan untuk sharing pengetahuan, dokumen, data kontak dan manajemen tugas.

 Slack

Slack merupakan aplikasi knowledge management system yang memiliki fungsi utama melakukan obrolan dengan mudah. Tidak jauh beda dengan aplikasi sebelumnya, Slack juga memungkinkan Anda untuk berkolaborasi sosial.

Anda tidak perlu khawatir mengenai kapasitas penyimpanan dari aplikasi ini. Memungkinkan Anda menyimpan 10.000 pesan terbaru. Bahkan juga menyimpan file dengan ukuran 5 GB per timnya. Upgrade versi akan memberikan penyimpanan pesan tanpa batas, kapasitas penyimpanan lebih besar dan integrasi aplikasi juga tak terbatas.

Selain itu ada berbagai fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini, salah satunya meliputi pemberian izin untuk membuat jadwal pribadi dan khusus undangan, pembagian file drag and drop, fitur komentar dan pemberiatahuan desktop.

Google Drive

Sebagai pengguna PC atau smartphone pasti sudah sangat familiar dengan aplikasi Google Drive bukan? Aplikasi ini juga termasuk aplikasi knowledge management system yang highly recommended untuk dicoba.

Dari segi keamanannya sangat menjamin karena sebelum tim mengakses perlu mengajukan izin akses terlebih dahulu. Anda bisa dengan mudah membuat basis pengetahuan yang available untuk umum tanpa perlu masuk atau registrasi khusus.

Drive dapat diakses pada perangkat Android, iOS, Windows maupun Mac. Menggunakan aplikasi ini Anda bisa mengelola siapa yang dapat mengakses mengomentari dan mengedit dokumen.

✅REKOMENDED:  Inilah Rekomendasi Aplikasi Pencatat Keuangan Bagi UMKM Maupun Individual

Beragam fitur yang memadai untuk kebutuhan bisnis Anda dapat diperoleh. Sebab terdiri dari fitur obrolan dalam dokumen, melihat siapa yang terakhir mengubah maupun mengedit dokumen tersebut dan masih banyak fitur lainnya.

myBase

Aplikasi knowledge management system yang terakhir adalah myBase. Aplikasi ini merupakan layanan pembuatan basis pengetahuan atau basis data analisis.

Aplikasi ini menawarkan berbagai macam fitur salah satu di antaranya  adalah sistem penandaan. Tapi dibalik berbagai macam fiturnya aplikasi ini kurang dukungan untuk link universal cenderung crash dan melambat dengan set data lebih dari 300 MB.

Manfaat Menggunakan Knowledge Management System dalam Bisnis

Dari sekian rekomendasi aplikasi knowledge management system yang kami ulas diatas, sekarang sudah bisa Anda pertimbangkan bukan? Baik dari segi fitur sampai fasilitas penyimpanan yang Anda dapatkan.

Bagi Anda yang tertarik menggunakan aplikasi ini, ada baiknya untuk mengetahui beberapa manfaat menerapkan sistem knowledge management dalam sebuah perusahaan berikut ini:

Aplikasi Knowledge Management – Mengoptimalkan Kinerja Karyawan

Penerapan knowledge management system tentu akan meningkatkan kualitas kinerja karyawan.  Sebab, dapat mempererat kerjasama antar bidang usaha sehingga dapat membangun tim yang kuat tidak hanya untuk memenuhi kepentingan pribadinya saja.

Dalam upaya memberikan pelayanan terbaik merupakan tanggung jawab semua Departemen organisasi. Tidak hanya tugas customer service dan staf marketing. Dengan demikian tentu menjadi penting menggunakan aplikasi knowledge management system untuk kebutuhan perusahaan.

✅REKOMENDED:  Manfaat Aplikasi Smadav untuk Komputer

Proses Pengambilan Keputusan Jadi Lebih Efisien

Manfaat berharga dari sistem knowledge management akan mewujudkan bisnis lebih kompetitif. Sebab aplikasi ini dapat membantu perusahaan mengambil keputusan-keputusan penting lebih tepat.

Menerapkan sistem knowledge management dalam sebuah perusahaan membuat pengambilan keputusan memiliki pondasi lebih baik sehingga dapat memacu perusahaan untuk mencapai tujuan secara optimal. Oleh karena itu, tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Melahirkan Inovasi dan Perubahan

Pemanfaatan aplikasi knowledge management system memberikan impact peningkatan kinerja bisnis. Hal ini dikarenakan dengan sistem ini perbaikan pada kemampuan serta tingkah laku karyawan jadi lebih baik.

Apabila kualitas karyawan semakin meningkat maka akan dengan mudah menciptakan perubahan dan memberikan inovasi terbaru untuk perusahaan. Jadi penting sekali menerapkan sistem ini dalam perusahaan.

Dapat Menghemat Biaya dan Waktu

Apabila sumber pengetahuan terstruktur dan teratur tidak lain benefit yang akan didapatkan oleh perusahaan berupa pengembangan pengetahuan dengan cakupan lebih luas lagi. Adanya keuntungan ini, perusahaan dapat menghemat biaya dan waktu untuk berbagai kebutuhan dalam perusahaan.

Itulah pembaca aplikasi knowledge management system sekaligus manfaat penerapannya dalam bidang bisnis. Bagi Anda yang sedang mengembangkan sebuah perusahaan, tentu saja penerapan sistem ini dengan menggunakan aplikasi sangat direkomendasikan agar perusahaan dapat bekerja secara maksimal.

error: HAYOO MAU NYOLONG YA !!