Cara merawat baterai laptop

Cara Merawat Baterai Laptop agar Tahan Lama

Menggunakan laptop dengan hati-hati tentunya akan memberikan dampak positif terhadap pengguna sehingga wajib mengetahui Cara merawat baterai laptop. khususnya pada baterai laptop yang wajib untuk diketahui bersama.

Tanpa anda sadari bahwa menggunakan laptop secara terus menerus tanpa memperhatikan fungsi perangkat keras yang ada dalam laptop yang mengakibatkan melemahnya kinerja dari laptop itu sendiri.

Kinerja perangkat yang optimal terhadap laptop memberikan kenyamanan pada pengguna. namun beberapa masalah pada laptop seringkali terjadi yang menyebabkan harus diservis atau mengganti yang baru. salah satunya adalah menurunnya daya tahan baterai laptop yang mengakibatkan terkendalanya segala pekerjaan.

lambatnya proses kerja laptop akibat menurunnya ketahanan baterai menjadi pemicu utama dan sering menjadi masalah diberbagai jenis laptop. Orang tidak memperhatikan setiap langkah yang harus diperhatikan selama menggunakan laptop dan untuk itu, ulasan mengenai cara merawat baterai laptop agar tahan lama adalah sebagai berikut:

Cara Merawat Baterai Laptop Mudah

Cabut Segera Charge

Saat mengecas laptop pastikan untuk tetap memantau baterai laptop. Salah satu penyebab baterai melemah adalah kelalain yang tidak segera mencabut charge laptop ketika telah terisi penuh. membiarkan baterai laptop yang penuh dan terus menerima aliran listrik akan menyebabkan kerusakan pada unsur-unsur yang terdapat dalam laptop.

✅REKOMENDED:  Butuh HP Dengan Kapasitas Baterai Besar? Berikut 6 Rekomendasi HP Fast Charging Murah

Adapun kebiasaaan buruk lainnya adalah dengan terus menggunakan laptop saat mengcharge. Kebiasaan seperti ini memang sangat susah untuk dihilangkan sebab jika harus menunggu laptop hingga penuh terasa membuang-buang waktu untuk segera menyelesaikan pekerjaan.

Hentikan pengecasan baterai ketika akan keluar rumah atau ingin tidur serta segerakan untuk mencabut charge saat telah terisi penuh. Hal lainnya adalah kebiasaan memakai laptop saat dicas hendaknya mulai tidak dibiasakan sebak akan memperparah daya tahan baterai laptop.

Hindari Laptop Mati Total

Ketahanan masing-masing laptop untuk tetap menyala tergantung dari jenis laptopnya. Namun, secara umum laptop dapat bertahan hingga 5-7 jam. Dengan rentang waktu penggunaan laptop tersebut, maka mulai sekarang berhatu-hati dan perhatikan daya baterai laptop. Jangan membiarkan laptop mati total hanya karena terlalu fokus menonton drama korea hingga lupa melihat persentase baterai.

Kebiasaan buruk seperti ini yaitu memakai laptop dengan daya baterai sisa 0% dapat berefek buruk bahkan fatal. Laptop yang tiba-tiba mati dapat merusak perangkat baterai mulai menurun hingga menimbulkan kerusakan pada laptop.

Agar baterai laptop dapat bertahan lama adalah dengan sesegera mungkin mengisi daya baterai saat persentase baterai 20%.  Dengan demikian dapat menghindari kerusakan dari baterai akibat kebiasaan yang buruk.

Kurangi Multitasking

Memakai laptop untuk menyelesaikan pekerjaan disaat bersamaan memang terasa sangatlaah mudah. Saat membuka aplikasi sekaligus dalam satu waktu akan berefek tidak baik bagi kondisi dan memperburuk proses kerja laptop disebabkan oleh aplikasi yang banyak digunakan.

✅REKOMENDED:  Beberapa Cara Cek Spek Laptop yang Bisa Dilakukan

Untuk itu, hilangkan kebiasaan membuka banyak aplikasi dilaptop agar mengurangi kinerja laptop dan memberikan efek yang baik untuk kualitas ketahanan laptop. Membuka terlalu banyak aplikasi di laptop dapat memperlambat kerja laptop dan terkadang membuat pekerjaan di laptop ikut terhambat akibat laptop yang tidak medukung. Mengurangi untuk membuka beberapa aplikasi adalah upaya untuk menjaga kestabilan laptop.

Cahaya Laptop

Selain membuka terlalu banyak aplikasi dan isi daya, penyebab lain yang dapat mempengaruhi daya tahan baterai adalah layar laptop. Tingkat kecerahan layar yang semakin tinggi akan semakin cepat mengurangi daya baterai dan menyebabkan singkatnya waktu yang digunakan untuk mengerjakan pekerjaan di laptop.

Berada didalam ruangan manapun, atur kecerahan layar laptopmu agar tetap rendah. selain itu kualitas cahaya yang rendah juga baik untuk kesehatan mata dan mata tidak cepat lelah.

Cara merawat baterai laptop menggunakan laptop dengan waktu yang cukup lama dan kecerahan layar yang berlebih dapat membuat mata kelelahan dan tidak baik untuk kesehatan mata jika terlalu dipaksakan. Untuk itu perlu adanya sikap bijaksana menggunakan laptop agar tidak berlebihan.

Suhu Saat mengcharge

Penggunaan laptop dalam jangka waktu yang lama akan cepat panas dan daya baterai cepat habis. Kejadian seperti ini terkadang membuat orang untuk mencharge laptop dan memakainya kembali sebab pekerjaan yang belum selesai dikerjakan.

✅REKOMENDED:  Review Lengkap Laptop Terbaru Lenovo Yoga 9i Yang Makin Canggih

Kondisi laptop dengan suhu yang tidak normal dan mengalirinya dengan arus listrik tidak baik.  Bagian dari baterai dapat terpengaruh dan kehilangan kemampuan untuk menyimpan daya dan akhirnya jika terus tidak diperhatikan dapat menyebabkan baterai menjadi cepat habis bahkan tidak dapat digunakan jika tidak sambil mengecasnya.

Cara Merawat Baterai Laptop Gunakan Charge Original

Setiap jenis laptop masing-masing memiliki charge dengan kecepatan arus daya yang berbeda. maka dari itu, disarankan untuk menggunakan charge original yang kecepatan arus listriknya stabil. Kebanyakan dari orang memakai charge milik jenis laptop lain asal dapat mengisi saja tanpa memperdulikan efek samping yang akan terjadi.

Charge yang bukan original ketika digunakan setiap saat akan membuat baterai mudah rusak sebab arus litrik yang tidak stabil dengan daya yang mengalir terkadang lambat dan terkadang cepat. Sehingga menjadi pemicu melemahnya ketahanan baterai laptop.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ketahanan sebuah baterai laptop dapat dirawat dengan memperhatikan setiap kebiasaan yang dapat membahayakan kualitas baterai laptop seperti memperhatikan saat mengcas laptop, tidak membiarkan mati total, mengurangi untuk membuka banyak aplikasi diwaktu bersamaan, suhu laptop saat digunakan dan menggunakan charge original.

Tentang cara untuk memberikan ketahanan baterai laptop seperti yang telah dijelaskan tersebut, semoga cara merawat baterai laptop memberikan manfaat dan mulai menerapkan langkah-langkah yang seharusnya dilakukan untuk mencegah baterai laptop melemah dan akhirnya rusak.

error: HAYOO MAU NYOLONG YA !!