Perkembangan komputer

Perkembangan Komputer Dilihat Dari Sejarahnya

Awalnya komputer digunakan hanya untuk mesin penghitung saja. Lalu bagaimana awal mula perkembangan komputer dulu hingga sekarang ini. komputer dulu tentunya memiliki desain yang sangat berbeda dengan sekarang. Kalau sekarang ini, kamu bisa menemukan desain yang ringan dan fleksibel sehingga bisa dibawa kemana-mana.

Lalu bagaimana komputer jaman dulu? Seperti awal mulanya komputer hingga bisa menjadi seperti sekarang ini? Sejarah mencatat bahwa komputer awalnya hanya melakukan perhitungan melalui elektronik saja. Berkat adanya perhitungan tersbeut membuat cakupannya jadi lebih luas dan cepat. Seperti sekara kecanggihan komputer dari masa ke masa menjadi semakin canggih. Ada berbagai perbaikan disetiap tahunnya.

Perkembangan Komputer Dilihat Dari Sejarahnya

Perkembangan Komputer Pada Awal Kemunculannya

Siapa yang menyang kalau komputer ini dibuat oleh ahli Matematika. Awalanya ilmuan asal Inggris tersebut hanya menciptakan sebuah mesin hitung dengan bantuan tenaga uap. Awal perkembangan komputer ini dimaksudkan untuk menghitung tabel angka. Maka dari itu mesin tersebut diberi nama dengan Difference engine 0.

Di tahun 1890 ada seorang penemu bernama Herman Hollerith yang merancang sebuah sistem untuk dapat digunakan menghitung hasil sensus AS di tahun 1880. Berkat hal tersebut lah Hollerith mampu mengembangkan rancangannya dan sukses mendirikan perusahaan komputernya IMB. Dengan adanya hal tersebut, membuat perkembabgan yang terjadi kepada komputer. Akan lebih senag kamu selalu berhasil digempat dimana saja.

✅REKOMENDED:  Mengenal Teknologi Metaverse Canggih

Mulainya Perkembangan Komputer Yang Pertama

Tahun 1944 hingga 1959 menjadi tahun untuk komputer di era pertama. Tabung itu dibuat untuk penguat sinyal pada komputer. Pada awal perkembangan komputer yang ada di tahun 1946 komputer elektronik pertama berhasil dibuat dengan berat 30 ton. Komputer yang dikasih nama ENIAC, punya panjang 30 meter serta tinggi 2,4 meter. Siapa yang mau membawa komputer dengan begitu besarnya.

Bahkan pada awalnya komputer ini membutuhkan daya listrik yang sangat besar sekali, yaitu 174 kilowatt. Ciri khas yang ada pada komputer ini adalah bentuknya yang memiliki tabung hampa. Mempunyai ukuran besar serta memiliki berat yang tidak ringan. Memori yang dimilikinya juga berkapasitas kecil, namun membutuhkan daya listrik yang sangat besar. Memang komputer dulu, bukanlah dibuat sebagau komputer. Tetapi tanpa adanya mesin tersebut tidak akan pernah ada komputer saat ini.

Perkembangan Komputer Tahun 60 an, Yaitu Yang Kedua

Untuk tahun 1960-1964 jadi awal perkembangan komputer untuk era komputer selanjutnya. Pada era ini komputer memilii beberapa keunggulan. Salah satu adalah tidak mudah pecah saat disalurkan tenaga panas. Dengan adanya kemampuan tersebut, maka komputer menjadi lebih kecil dan berharga lebih murah dibanding generasi pertamanya.

✅REKOMENDED:  Gamers? Mencari Laptop Gaming Murah Spek Dewa? Inilah Rekomendasinya

Tahun 1960 IMB (International Business Machines) sebuah perusahaan teknologi yang memperkenalkan komputer di generasi kedua ini. pada generasi ini komputer dirancang khusus untuk dapat menyelesaikan berbagai macam pekerjaan, yang bersifat alamiah dan komersial. Selain itu komputer di generasi ini tidak membutuhkan banyak daya listrik seperti generasi terdahulunya.

Perkembangan Komputer Di Era Ketiga

Perkembangan komputer selanjutnya ada pada kisaran tahun 1964-1975. Komputer di masa ini juga sudah memiliki memori 4 KB dan 8 bit untuk core memori. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh komputer yang ada di generasi ini. Lalu kapasitas memori yang lebih besar mampu menyimpan lebih banyak karakter. Jika sebelumnya hanya mampu menyimpan karakter sebanyak puluhan ribu.

Di generasi ketiga ini dapat menyimpan ratusan ribu karakter. Bahkan komputer yang ada di generasi ketiga ini mampu untuk terhubung dengan komputer lainnya. Sangat menarik sekali, untuk sebuah teknolgi pada masa itu. Menjadi salah satu komputer yang lebih baik dibanding sebelumnya.

Mulainya Perkembangan Komputer Era Selanjutnya

Perkembangan komputer yang ada pada generasi keempat ini sudah menggunakan microprocessor. Microprocessor ini telah memiliki bentuk yang sangat kecil. Selain itu dalam bentuknya yang kecil, mamou dimasukkan ribuan IC ke dalamnya. Microprocessor ini dibuat oleh Intel Corp yang ada di tahun 1971. Komputer pertama yang berhasil menggunakan teknologi ini adalah Apple I Computer.

✅REKOMENDED:  Catat Baik-Baik, 6 Aplikasi Wajib bagi Fotografer untuk Menunjang Kinerja

Selain IC yang lebih kompleks, tetapi juga menggunakan LSI yang merupakan pemadatan IC dalam satu chip. Lalu dikembangkan lagi untuk dapat menampung ratusan ribu IC. Bahkan sudah dibidalng salah satu perubahan teknologi maju. Berkat adanya Steve Jobs, komputer pada generasi ini menjadi lebih canggih.

Mulainya Perkembangan Komputer Yang Kelima

Pada perkembangan komputer di generasi ini, sudah lebih berkembang. Hal tersebut ditandai dengan LSI yang mampu memadatkan rubuah IC kedalam satu chip. Berkembangnya pengetahuan dan teknologi semakin membuat komputer muncul dengan pentium 4 oleh buatan Intel. Bahkan pada generasi ini komputer telah memiliki kecepatan 2 Ghz.

Bahkan pada komputer ini gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan juga tajam. Bahkan kecepatan komputer di era ini menjadi 20 kali lebih cepat dari generasi pentium 3. Semakin memasuki zaman yang serba cepat, maka komputer berkembang menjadi seperti sekarang ni. Setelah komputer dilengkapi dengan berbagai hardware. Maka Microsoft juga ikut meluncurkan sistem operasi windows.

Dari zaman ke zaman memang perkembangan komputer terbilang sangat baik. Dari yang awalnya hanya digunakan untuk mesin hitung dengan memiliki ukuran yang besar dan berat. Maka berbeda dengan era sekarang yang semakin menambah kemewahan pada komuter. Bahkan sekarang sudah ada komputer lipat atau lebih dikenal dengan laptop. Teknologi yang semaki berkemabng semakin mengembangkan juga komputer pada masa ke masa.

error: HAYOO MAU NYOLONG YA !!