Cara mengatasi laptop cepat panas

Penyebab Serta Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Salah satu alasan terbesar kenapa Anda mengunjungi tulisan ini, yakni karena memiliki laptop mudah panas dan lemot. Sehingga Anda mencari cara mengatasi laptop cepat panas dan lemot lewat tulisan yang akan kami sampaikan kali ini.

Mendapati laptop yang mudah panas dan lemot memang menjadi kendala terbesar, apalagi jika benda tersebut sangat dibutuhkan. Bagian paling menyebalkannya, ketika Anda hampir menyelesaikan tugas tiba-tiba laptop lemot bahkan hingga mati sendiri.

Tentu saja kejadian tersebut akan sangat menjengkelkan. Meskipun begitu, tidak banyak orang mengetahui penyebabnya serta cara mengatasi laptop cepat panas. Maka dari itu, simaklah ulasan di bawah ini hingga selesai.

Mengetahui Apa Penyebab Laptop Mudah Panas dan Lemot

Mencari tahu alasan atau penyebab laptop cepat panas, memang harus sangat dilakukan. Jangan sampai Anda hanya mencari cara mengatasinya, tanpa mengetahui penyebab hal tersebut terjadi. Berikut beberapa alasan mengapa laptop mudah panas:

Lamanya Usia Laptop

Sebelum mencari cara mengatasi laptop cepat panas, maka mengetahui penyebab pertama mengapa itu bisa terjadi adalah hal penting. Salah satu alasan tersebesar mengapa laptop yang Anda miliki mudah panas, adalah usia dari laptop tersebut.

✅REKOMENDED:  Ternyata Inilah Deretan Masalah Smartphone yang Sering Terjadi

Jika laptop yang Anda miliki keluaran lama, jelas sistem yang ada di dalamnya pun tidak secanggih laptop sekarang. Belum lagi jika laptop tersebut sudah lama digunakan, maka akan sangat rentan terkena masalah.

Tak hanya itu, mungkin sistem kerja laptop tersebut mengalami malfungsi yang menyebabkan beberapa kendala. Jika Anda sudah mengetahui penyebab utamanya apa, maka bisa dengan mudah menemukan  cara mengatasi laptop cepat panas.

Meletakan Laptop di Tempat yang Tidak Seharusnya

Penyebab kedua yang sangat berpengaruh namun sering diabaikan, adalah meletakkan laptop di tempat berbahan kain. Banyak di antara orang-orang sering meletakkan laptopnya di atas kasur, bantal, selimut dan lainnya.

Padahal kebiasaan-kebiasaan tersebut sangatlah buruk, dan akan mempercepat kerusakan laptop. Apakah selama ini Anda melakukan hal tersebut? Jika iya carilah cara mengatasi laptop cepat panas seperti yang akan kami sebutkan di bawah.

Penyebab lain mengapa laptop cepat panas, yakni sering meletakkannya di dekat jendela panas. Atau sering digunakan di luar ruangan, yang terkena langsung oleh sinar matahari.

Rusaknya Kipas Laptop

Sebelum mencari bagaimana cara mengatasi laptop cepat panas, maka kenali penyebab lainnya terlebih dahulu. Salah satu alasan terkuat mengapa laptop cepat panas, adalah kipas laptop tersebut rusak.

Vatalnya lagi, kinerja laptop tersebut akan sangat terhambat jika kipas mengalami kerusakan para. Misalnya laptop tersebut akan bekerja sangat lamban, mudah hang, hingga mati.

✅REKOMENDED:  5 Penyebab Handphone Lemot dan Cara Mengtasinya Dijamin Lancar Kembali

Setelah mengetahui beberapa penyebab atau alasannya, selanjutnya kami akan membahas seputar cara mengatasi laptop cepat panas.

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas hingga Lemot

Ikuti beberapa cara di bawah ini, jika Anda mendapati laptop mudah sekali panas hingga menurunkan kinerjanya:

Cara Mengatasi Laptop Cepan Panas dengan Meletakkannya di Tempat yang Benar

Cara mengatasi laptop cepat panas pertama, adalah dengan metelakkannya di tempat yang benar. Simpanlah laptop Anda di tempat yang datar dan berbahan dasar kayu misalnya saja meja.

Jangan sekali-kali meletakkannya pada benda yang berbahan dasar kain seperti di atas kasur atau bantal. Sebab benda yang berbahan dasar kain, kemungkinan besar menyimpan banyak debu di dalamnya.

Membersihkan Kipas atau Ventilasi Laptop

Cara mengatasi laptop cepat panas kedua, adalah dengan membersihkan kipas atau ventilasi. Jika tidak ingin laptop Anda cepat sekali panas, maka lakukan pembersihan ini 2 hingga 4 kali dalam setahun.

Proses pembersihan ini, lebih baik jangan dilakukan sendiri apalagi bagi orang yang tumpul dalam bidang tersebut. Mintalah bantuan ahli atau profesional di bidangnya, untuk meminimalisir masalah baru yang akan terjadi.

Memberi Jeda Agar laptop Beristirahat

Cara mengatasi laptop cepat panas ketiga, adalah memberikan waktu istirahat untuk laptop. Jika Anda melakukan aktivitas online secara intensif, misalnya dengan bermain game atau streaming. Istirahatkanlah laptop tersebut untuk beberapa jam.

✅REKOMENDED:  Gamers? Mencari Laptop Gaming Murah Spek Dewa? Inilah Rekomendasinya

Dengan melakukan hal tersebut, Anda telah memberikan beberapa jeda waktu untuk laptop beristirahat. Laptop pun tidak akan dipaksa untuk bekerja secara terus-menerus. Gunakankah waktu istirahat tersebut untuk mengisi daya.

Jangan membiasakan untuk mengisi daya laptop sambil digunakan, sebab akan sangat mudah panas. Terkecuali dalam kondisi tertentu, yang mengharuskan selalu mengisi daya. Lakukan cara mengatasi laptop cepat panas tersebut dengan rutin.

Menyimpan Laptop di Tempat Berventilasi

Cara mengatasi laptop yang mudah panas, adalah dengan menyimpannya di tempat berventilasi. Jangan pernah menyimpan laptop di bawah terik matahari langsung, atau di tempat tidak berventilasi.

Hal tersebut akan sangat memicu laptop cepat sekali panas. Memang cara mengatasi laptop cepat panas tahap ini, kerap kali diabaikan dan dianggap tidak akan memiliki pengaruh terhadap laptop.

Menggunakan Kipas Tambahan atau Bantalan Pendingin

Untuk mencegah laptop cepat panas terakhir, adalah dengan memberikan tambahan kipas atau bantalan pendingin. Jika kipas laptop Anda tidak berfungsi dengan baik, maka solusi paling tepat adalah memberikan kipas tersebut.

Cara mengatasi laptop cepat panas ini menjadi alternatif terbaik, ketika laptop yang sedang digunakan mudah panas. Selain kipas, Anda juga bisa menggunakan bantalan yang memiliki permukaan dingin dan menyejukkan.

Sekian ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi laptop cepat panas sehingga menimbulkan kelemotan. Lakukan cara-cara mengatasi laptop panas di atas, untuk memperpanjang umur hidup laptop Anda.

error: HAYOO MAU NYOLONG YA !!