Laptop cepat panas

Laptop Cepat Panas? Inilah Cara Mudah Mengatasinya

Laptop yang tidak beroperasi dengan baik, pasti menjadi masalah tersendiri yang akan menghambat setiap pekerjaan, dan juga akan membuat geram para penggunanya. Seperti misalnya, laptop cepat panas.

Seringkali para pengguna laptop mengeluhkan berbagai macam kondisi yang terjadi pada laptop yang dimilikinya. Bahkan tak jarang juga yang masih merasa bingung serta tidak tahu harus melakukan apa sebagai cara penangannya.

Seperti yag sudah disinggung di atas, salah satu kondisi atau masalah yang sering terjadi pada laptop hingga membuat kesal penggunanya adalah laptop cepat panas. Kondisi tersebut bisa cukup mengganggu dan menghambat berbagai macam hal tentunya.

Memangnya apa saja penyebab laptop bisa menjadi panas? Hal ini memiliki cukup banyak poin. Bisa saja berasal dari ruang pada laptop itu sendiri yang memang berukuran sempit dan juga padat. Lebih dari itu, panas pada laptop bahkan bisa juga disebabkan oleh kesalahan penggunya atau human eror dari yang memilikinya.

Contohnya saja Anda sebagai pengguna laptop hanya menggunakannya saja tanpa tahu cara yang benar dan tepat untuk merawatnya. Hal tersebut bisa menyebabkan laptop cepat panas. Lalu bagaimana cara menanganinya? Inilah informasinya.

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Jangan Terlalu Memporsir Laptop

Sama seperti tubuh Anda, laptop juga butuh waktu untuk beristirahat. Jangan terlalu sering menggunakannya hingga terkesan terlalu memporsirnya. Berikan waktu pada laptop untuk bisa beristirahat.

✅REKOMENDED:  Intip Cara Agar Laptop Tidak Lemot Windows 10 Paling Ampuh

Hindari menggunakan laptop dalam jangka waktu terlalu lama. Contohnya saja Anda menggunakan laptop selama 24 jam nonstop. Hal tersebut tentu akan memicu suhu panas yang disebabkan oleh tidak adanya jeda penggunaan pada laptop tersebut. Tidak heran, laptop cepat panas dalam waktu singkat.

Hindari Menyimpan Laptop di Atas Kasur

Menggunakan laptop di atas Kasur memang menjadi kebiasan banyak orang. Tidak sedikit yang merasa nyaman dan sudah terbiasa dengan kebiasaan satu ini. Meski dinilai nyaman, faktanya menyimpan atau meletakkan laptop di atas kasur malah akan memicu naiknya suhu pada laptop yang membuatnya menjadi panas.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Pada dasarnya kasur memiliki kemampuan menyerap panas, maka jika laptop Anda diletakkan di atasnya, laptop cepat panas. Lebih dari itu, dampak buruk lain yang bisa timbul dari kebiasan satu ini adalah akan membuat sirkulasi udara pada laptop Anda menjadi tidak lancar.

Jangan Menggunakan Laptop Dengan Cahaya yang Terlalu Terang

Cahaya pada laptop juga bisa mempengaruhi munculnya atau timbulnya suhu panas pada laptop itu sendiri. Tingkat kecerahan standar pada laptop lebih dianjurkan ketimbang menggunakannya dengan tingkat pencahayaan yang tinggi.

Selain bisa menyebabkan laptop cepat panas, menggunakan cahaya yang terlampau cerah juga bisa mengakibatkan sakit pada mata Anda. Oleh karena itulah solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur kecerahan layar LCD pada laptop sesuai dengan kenyamanan Anda.

✅REKOMENDED:  Ketahui 5 Penyebab Laptop Overheat Agar Dapat Menanganinya dengan Tepat

Jangan sampai terlalu cerah, juga jangan sampai terlalu redup. Pastikan baik Anda dan juga laptop mendapatkan kenyamanan yang sama. Dengan begitu panas pada laptop bisa dihindari dan Anda juga menjadi nyaman dalam menggunakannya.

Lakukan Pembersihan Pada Laptop Secara Berkala

Tidak hanya berhenti sampai disitu saja, Anda juga harus melakukan langkah yang satu ini. Sebagai salah satu cara mengatasinya, membersihkan laptop cepat panas. Sehingga performanya bisa tetap terjaga.

Karena tahukah Anda? jika didalam laptop yang Anda gunakan, biasanya akan menempel debu-debu yang tanpa Anda sadari bisa membuat laptop mengalami beberapa masalah.

Maka lakukanlah pembersihan secara berkala atau rutin. Dengan hal tersebut selain bisa menghindari laptop cepat panas, laptop yang Anda miliki juga bisa lebih maksimal dalam beroperasi.

Coba Gunakan Pendingin Eksternal

Cara lain yang bisa ditempuh adalah dengan menggunakan pendingin eksternal. Anda bisa menggunakan kipas eksternal sebagai salah satu cara mendinginkan laptop yang panas tersebut. Tanpa banyak orang sadari, cara yang satu ini tergolong cukup efektif untuk mengatasi permasalahan yang satu ini.

Tidak hanya itu, untuk mengatasi laptop cepat panas, Anda juga bisa menggunakan bantalan pendingin khusus laptop guna menurunkan suhu tersebut. Cara ini dinilai cukup ampuh mengurangi munculnya risiko overheating pada laptop yang bisa saja memunculkan masalah lain atau dampak yang lebih buruk daripada panas pada suhu laptop tersebut.

✅REKOMENDED:  7 Tips Merawat Laptop Gaming agar Tetap Awet

Langsung Matikan Laptop Anda

Seperti yang dibahas pada salah satu poin di atas, laptop juga butuh waktu untuk beristirahat. Jika panas tersebut terjadi pada laptop Anda, Maka jangan sungkan untuk langsung mematikan daya.

Dengan cara yang satu ini, laptop Anda bisa terhindar dari risiko laptop cepat panas dan juga sejumlah kemungkinan buruk yang lainnya.

Mematikan daya pada laptop ini bisa memberikan ruang pada perangkat Anda untuk beristirahat sejenak dan menghindari panas pada laptop tersebut. Jika dirasa suhu pada laptop sudah kembali normal, Anda bisa menggunakannya.

Service Laptop Anda

Jika sejumlah cara diatas telah dilakukan, tetapi kondisi atau suhu laptop masih sering panas. Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah membawanya ke tempat service. Dengan melakukan tindakan yang satu ini, Anda bisa mengetahui apa kiranya penyebab pasti dari laptop cepat panas.

Jika begitu, maka Anda bisa melakukan proses perbaikan sesuai dengan saran yang diberikan oleh pihak yang ahli dibidangnya. Serahkan proses ini kepada pihak yang professional guna membuat laptop Anda kembali normal dan tidak lagi mengalami panas ketika digunakan.

Dengan sejumlah informasi atau cara mengatasi laptop cepat panas di atas tadi, maka diharapkan Anda bisa mencegah sejumlah kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi akibat dari masalah yang satu ini. Semoga membantu dan bermanfaat untuk Anda.

error: HAYOO MAU NYOLONG YA !!