Printer Tidak Bisa Print

Mencari Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Print? Inilah Informasinya

Printer menjadi salah satu alat yang penting, terlebih bagi Anda yang setiap proses pekerjaanya membutuhkan bantuan printer. Entah itu untuk mencetak dokumen atau juga poto. Biasanya, kita menemukan permasalahan mengenai printer tidak bisa print.

Printer yang beroperasi dengan lancar menjadi harapan setiap orang, namun apa jadinya jika printer yang Anda gunakan malah mengalami eror dan tidak bisa melakukan proses print? Hal tersebut akan sangat mengganggu bukan?

Erornya printer menjadi kondisi yang tidak bisa diprediksi tetapi tentu bisa diatasi. Bagi Anda yang tengah mengalami hal ini dan merasa bingung terkait cara untuk mengatasinya, simak informasi di bawah ini yang memuat sejumlah cara mudah mengatasi printer tidak bisa print.

Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Print

Lakukan Service Printer

Cara satu ini tentu menjadi cara pamungkas yang bisa dilakukan setiap Anda yang mengalami masalah eror pada printer yang dimiliki. Namun, cara ini biasanya akan ditempuh jika sejumlah cara alternative lainnya dirasa tidak bekerja dan tak mampu mengatasi eror tersebut.

Meski berada di jajaran pertama dalam cara mengatasi printer tidak bisa print, biasanya langkah ini akan diambil setelah sejumlah cara di bawah ini telah coba dilakukan.

✅REKOMENDED:  Penyebab Serta Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Dengan melakukan service tentu saja printer Anda akan ditangani oleh orang yang ahli dibidangnya. Sehingga akan bisa diketahui penyebab dan juga proses penanganan yang sesuai dengan kasus pada printer Anda.

Coba Cabut dan Pasang Kembali Kabel USB

Cara kedua yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi eror pada printer tidak bisa print adalah yang satu ini. Cara yang satu ini terbilang sangat sederhana dan juga tidak membutuhkan keahlian khusus serta langkah-langkah yang mesti Anda lakukan terbilang mudah.

Meski terkesan sederhana, nyatanya banyak sekali pengguna komputer yang melakukan cara ini ketika terjadi eror pada printer mereka. Maka dari itu, tidak ada salahnya Anda coba lakukan cara ini, cabut dan pasang kembali kabel USB secara berulang.

Berapa kali langkah tersebut sebaiknya dilakukan? banyak pihak yang merekomendasikan jika proses cabut dan pasang kembali kabel USB tersebut hendaknya dilakukan sebanyak tiga kali untuk mencegah printer tidak bisa print. Langkah singkatnya yaitu berikut ini.

  • Cabut dan pasang kabel printer yang terpasang ke komputer (lakukan sebanyak tiga kali)
  • Setelah itu, coba tes kembali.
  • Jika masih eror, coba lakukan cara yang lain berikut ini.

Coba Atur Service.Msc

Jika cara yang sebelumnya tadi masih kurang berhasil mengatasi eror pada printer yang Anda miliki. Maka cobalah untuk melakukan langkah atau cara yang satu ini.

Anda pasti tahu jika service.msc memiliki fungsi sebagai tempat untuk mengatur begitu banyak jenis servis sistem. Salah satu menu pada service.msc tersebut bisa menjadi jembatan untuk mengatasi printer yang tidak bisa print. Bagaimana langkahnya?

  • Buka service.msc
  • Pilih menu printer spooler
  • Klik stop service
  • Buka data C di windows esplorer (sementara Anda membukanya jangan menutup menu printer spooler)
  • Pilih yang ada keterangan “spoolprinter”
  • Hapus semua file didalamnya
  • Buka printer spooler dan pilih start untuk menjalankannya
  • Lakukan restart pada computer atau juga laptop Anda
  • Lakukan tes pada printer guna memastikan kinerjanya.
✅REKOMENDED:  8 Cara Pengecekan Serial Number Laptop Mudah

Pada cara yang satu ini, semua data yang terdapat dalam windows explorer bagian spool printer pada perangkat Anda akan secara otomatis terhapus. Hal ini akan membuat printer melakukan proses refresh sebagai akibat dari tindakan tersebut.

Coba Lakukan Penggantian Kabel USB

Jika salah satu cara sebelumnya tadi mengharuskan Anda untuk mencabut dan memasang kembali kabel USB. Pada cara mengatasi printer tidak bisa print kali ini cobalah untuk lakukan penggantian kabel USB.

Pasalnya eror yang terjadi dan menyebabkan printer tidak bisa lakukan perintah mencetak bisa saja berasal dari kabel USB printer yang sudah rusak. Karena itulah sebagai cara mengatasinya, lakukanlah penggantian kabel USB tersebut.

Tetapi sebelum itu, Anda harus memastikan terlebih dahulu kondisi dari kabel USB printer yang dimiliki. Jika memang masih berfungsi dengan baik, maka atasilah dengan cara lainnya, jika sebaliknya, maka segeralah lakukan penggantian. Sehingga, masalah printer tidak bisa print bisa segera di atasi.

✅REKOMENDED:  Simak Definisi dan Kelebihan Teknologi 5G Indonesia

Coba Lakukan Install Ulang Driver Printer

Masih ada cara lainnya yang bisa Anda tempuh untuk menangani masalah yang satu ini. Peranannya yang krusial, acapakali membuat driver tidak bisa terhindar dari yang namanya eror. Untuk bisa mengatasinya coba lakukan sejumlah langkah berikut ini.

  • Masuk ke menu device manager
  • Pilih menu yang bertuliskan “printer terhubung” kemudian klik kanan dan pilih menu uninstall device
  • Setelah itu, Anda bisa mencoba untuk melakukan restart pada kompurer atau laptop yang terhubung pada printer tersebut.

Jika cara mengatasi printer tidak bisa print telah Anda ketahui di atas, apakah Anda tidak penasaran terkait apa saja hal yang bisa menyebabkan printer jadi eror hingga tidak bisa melakukan proses print?

Pada dasarnya banyak faktor yang melatarbelakanginya, seperti kabel USB printer tidak terhubung ke komputer, driver pada printer mengalami eror atau bahkan belum dilakukan penginstalan, kesalahan pengaturan printer, jumlah kertas yang terlampau banyak, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Agar printer yang Anda miliki tidak mengalami masalah satu ini, sebaiknya Anda bisa memperhatikan penyebab umumnya dan cobalah untuk menghindarinya. Jangan lupa untuk tetap melakukan pengecekan secara berkala agar jika terjadi masalah atau kerusakan bisa diketahui sedini mungkin.

Demikianlah informasi yang bisa diberikan tentu saja perihal sejumlah cara mengatasi printer tidak bisa print atau mencetak, semoga bermanfaat.

error: HAYOO MAU NYOLONG YA !!