Baterai ponsel awet

4 Cara Membuat Baterai Ponsel Awet

Mempunyai ponsel namun baterainya tidak bertahan lama dan boros sekali? Maka langkah yang tepat dengan mengunjungi tulisan ini. Sebab pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai cara  agar baterai ponsel awet.

Di zaman serba canggih ini, memang ponsel halayak teman yang harus dibawa kapan dan dimana pun. Apalagi jika Anda membutuhkan ponsel untuk menunjang pekerjaan yang dilakukan.

Namun mempunyai ponsel yang baterainya cepat habis dan gampang rusak, tentu menjadi hal paling menjengkelkan bukan? Agar baterai ponsel awet tentu saja Anda harus menjaga dan merawatnya dengan baik.

Faktor terbesar mengapa baterai ponsel boros, tidak lain dikarenakan salah cara menggunakannya. Mungkin selama Anda hanya menggunakan ponsel dengan sesuka hati tanpa memperhatikan kondisi baterainya.

Namun ketika baterai tersebut sudah tidak berfungsi dengan baik, Anda mulai mencari cara bagaimana untuk mengatasinya. Sebelun terjadi, maka lebih baik mencegahnya dengan menyimak cara agar baterai ponsel awet di bawah ini.

Tips dan Cara Agar Baterai Ponsel Awet

Lakukan cara-cara ini jika ingin baterai ponsel yang Anda miliki awet:

Cara Baterai Ponsel Awet dengan Menghindari Penggunaan Ponsel Saat diisi Daya

Cara agar baterai ponsel awet pertama, adalah menghindari penggunaan ponsel saat sedang diisi daya. Perlu Anda ketahui, jika menggunakan ponsel saat mengisi daya dapat meningkatkan temperatur baterai.

✅REKOMENDED:  Keyoboard Terbaru dari Razer Huntsman V2

Temperatur baterai ini, sangat berpengaruh terhadap daya hidup dari haterai itu sendiri. Jika temperatur tinggi, maka akan meningkatkan tekanan pada baterai sehingga baterai akan cepat kehilangan efektivitasnya.

Maka dari itu, supaya baterai ponsel awet dengan menahan diri untuk tidak menggunakannya pada saat diisi daya. Faktor lain yang dapat menaikkan temperatur baterai adalah ketika ponsel ditaruh di atas bantal atau kasur.

Menggunakan Mode Pesawat Jika Tidak Digunakan

Cara menjaga agar baterai ponsel tidak boros kedua, adalah dengan menggunakan mode pesawat saat tidak digunakan. Anda bisa menggunakan mode ini ketika sedang melakukan perjalanan jauh, dan tidak memungkinkan untuk mengisis daya.

Atau ketika Anda sedang tidak membutuhkan kartu sim, maka bisa menggunakan metode ini. Kemudian agar baterai ponsel awet saat menggunakan Wi-Fi, maka buatlah ponsel Anda ke dalam mode pesawat. Langkah yang mudah namn cukup efektif.

Cobalah untuk mengatur Kecerahan Layar Ponsel

Cara agar baterai pada ponsel Anda awet keempat, yakni dengan mengatur tingkat kecerahan layar. Perlu Anda ketahui juga, jika visual yang muncul pada layar ponsel sangat mempengaruhi daya baterai.

Maka cara untuk menjaga baterai ponsel awet adalah dengan mengatur kecerahan layar. Serta aturlah time sleep pada ponsel Anda ke dalam waktu yang tidak lama, misalnya saja 10 hingga 60 detik.

Jika Anda berada di luar ruangan, maka boleh mengatur kecerahan kayar ponsel ke mode terang. Maka dengan itu, bijaklah dalam mengatur tingkat kecerahan layar ponsel agar baterai awet.

✅REKOMENDED:  Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Samsung J2 Prime 2021

Mematikan Fitur Auto Download atau Update

Upaya atau cara kelima agar baterai ponsel awet, yakni dengan mematikan fitur auto download atau update. Perlu Anda ketahui pada saat aplikasi meng-update secara otomatis, maka akan menyedot daya ponsel cukup besar.

Jika tidak ingin baterai ponsel cepat habis, maka bisa menon-aktifkan fitur tersebut. Anda juga bisa mengatur ponsel ke dalam pengaturan dwonload saat menggunakan Wi-Fi saja. Sehingga ketika Anda sedang menggunakan data, aplikasi tersebut tidak akan terunduh.

Melakukan hal-hal tersebut selain dapat membuat baterai ponsel awet, Anda pun akan menghemat kuota. Kemudian ketika Anda tidak membutuhkan paket data, maka Anda bisa mematikannya.

Mematikan Notifikasi yang dianggap Kurang Penting

Upaya ketujuh untuk menjaga baterai ponsel tetap awet, adalah dengan mematikan notifikasi kurang penting. Ketika mematikan notifikasi kurang penting, kemungkinan besar Anda pun jarang melihat ponsel.

Jika terdengar saja bunyi dari ponsel, maka Anda selalu ingin bergegas membukanya bukan? Maka baterai ponsel pun akan sangat boros jika sering digunakan. Sehingga cara fektif agar baterai ponsel awet, yakni cukup  mematikan beberapa notifikasi.

Nyalakan notifikasi pada ponsel, hanya untuk hal-hal yang dianggap penting saja. Dengan begitu, kemungkinan besar Anda dapat mengurangi penggunaan baterai sehingga tidak akan mudah habis.

Selalu Bijak dalam Memakai Aplikasi

Cara agar baterai ponsel awet kedelapan, adalah bijak dalam menggunakan aplikasi. Perlu Anda ketahui jika penggunaan aplikasi ponsel secara berlebih dan dilakukan terus menerus, dapat membuat baterai cepat habis.

✅REKOMENDED:  Terbukti! Ini 6 Aplikasi Penghemat Baterai dan Pengisian Cepat Terhitz 2021

Ketika baterai cepat habis, tentu saja Anda akan sering mengisi ulang daya. Saat Anda terus melakukan kebiasaan tersebut bahkan dalam jangka waktu yang lama, maka baterai ponsel pun akan lebih boros.

Singkatnya,jika ingin baterai ponsel awet maka bijaklah dalam menggunakan aplikasi. Apalagi jika Anda menggunakan apkikasi tersebut, hingga menyebabkan ponsel panas.

Panasnya ponsel ini tidak lain berasal dari baterai, jika sudah panas namun dipaksakan untuk terus bekerja maka risikonya sangat besar. Kemungkinan terburuk ponsel Anda akan blank atau bisa saja langsung mati total.

Menggunakan Wallpaper Statis pada Ponsel

Cara agar baterai ponsel awet terakhir, adalah dengan menggunakan wallpaper statis. Maksud dari wallpaper statis disini adalah wallpaper yang tidak bergerak layaknya live atau seperti video.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, jika kini sudah banyak tersedia wallpaper unik dan lucu yang memikat hati. Salah satunya wallpaper dengan mode live atau video, yang bisa menambah penampilan kece dan keren pada ponsel Anda.

Namun tanpa disadari, penggunaan wallpaper seperti itu dapat mempercepat pengosongan daya atau baterai. Maka untuk membuat baterai ponsel awet jangan pernah mencoba memakai wallpaper jenis tersebut.

Itu saja informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara agar baterai ponsel awet yang mudah dilakukan. Mau tidak mau lakukan atau terapkan cara-cara di atas jika memang ingin baterai ponsel Anda tidak cepat habis.

error: HAYOO MAU NYOLONG YA !!