cara ganti processor laptop

Solusi Mengatasi File Yang Terhapus Permanen di Komputer

Sebagian besar dari kalian mungkin pernah mengalami masalah seperti ini kan? Pasti sangat menyebalkan, sudah menyelesaikan tugas tapi filenya tidak sengaja terhapus dari komputer. Apalagi jika file penting tersebut berisi data pekerjaan, foto berbagai produk bisnis, semua backup dari sebuah website, atau bahkan daftar ide kreatif untuk sebuah blog yang akan kalian buat untuk satu bulan kedepan. Nah, berikut solusi mengatasi file yang terhapus dari komputer.

Jika saja file yang hilang dirasa tidak terlalu penting, maka kalian bisa membuat ulang file  itu kembali. Namun bagaimana jika file penting dan segera dibutuhkan? Jangan panik ya, ada beberapa cara yang bisa kalian usahakan untuk mengembalikan file atau dokumen penting yang tidak sengaja terhapus, bahkan terhapusnya secara permanen dari komputer. Ikuti beberapa tips mengembalikan file beserta penjelasannya secara runtut agar kalian bisa melakukannya.

Berikut adalah Beberapa Solusi Mengatasi File yang Terhapus dari Komputer

Memulihkan File Dengan Menggunakan Recycle Bin

Kalian bisa mencoba untuk mengatasi file yang terhapus dari komputer dengan menggunakan aplikasi Recycle Bin ini. Pada umumnya, Recycle Bin bisa ditemukan di semua dekstop komputer.  Jadi sudah tersedia otomatis dalam komputer kalian. Bentuk dari aplikasi Recycle Bin menyerupai tong sampah dengan warna biru. Jika kalian  tidak bisa menemukan ikon dari Recycle Bin ini, kalian bisa mengikuti beberapa langkah penjelasan di bawah ini.

✅REKOMENDED:  Yuk, Tingkatkan Sistem Keamanan Laptop Dengan Tujuh Langkah Tepat

Nah, langkah untuk langkah pertama, kalian bisa menekan tombol start dengan mencari menu setting. Didalam menu ini, cari tulisan Personalization kemudian Themes. Jika sudah, carilah menu dari checkbox Recycle Bindengan menekan centang pada gambar yang muncul. Untuk mengembalikan file, klik restore dan pilih properties dengan mencentang checkbox pada komputer bagian kiri bawah, jika sudah kalian  hanya perlu menunggu hingga terkonfirmasi.

Memulihkan File Dengan Menggunakan Menu File History Pada Windows 10

Nah, cara mengatasi file yang terhapus dari komputer jika pada recycle bin kalian tidak menemukan berkas apapun, maka kalian boleh menggunakan cara yang lainnya agar file penting yang hilang bisa kembali lagi. Salah satunya dengan menggunakan fitur dari File History. Namun tidak semua windows mampu menyediakan menu ini, hanya windows 10 yang bisa menggantikan backup beserta restore yang tersedia pada windows 7 dan windows 8.

Agar bisa berjalan, kalian perlu melakukan backup semua data dulu. Dengan kalian melakukan backup, maka kalian sudah melakukan pencegahan atas hilangnya file-file yang penting. Jika sudah melakukan backup, kalian perlu mencari partisi hard Drive atau biasa dikenal penyimpanan eksternal yang bisa digunakan sebagai penyimpanan backup. Jika sudah, klik tombol Automatically backup my files pada bagian bawah teks agar bergeser menjadi on.

✅REKOMENDED:  Intip Cara Agar Laptop Tidak Lemot Windows 10 Paling Ampuh

Memulihkan File yang Terhapus Dengan Menggunakan File CMD

Cara mengatasi file yang terhapus dari komputer selanjutnya adalah dengan menggunakan file CMD. Nah, memulihkan file di sini juga bisa kalian lakukan jika file dalam Recycle Bin sudah terhaous. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengakses Command Promptm menunini tidak ditampilkan dalam layar menu. Jadi kalian harus mencari file ini dengan menekan search yang ada pada kolom oencsydsn tulis CMS pada sesrching menu bar.

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan klik kanan pada menu Command Prompt tadi, jika sudah kalian harus pilih Run as Administrator dan ketikkan x:/f pada kolom pencarian, ganti X dengan nama dari Drive dimana file yang terhapus menjadi kembali tersimpan. Jika sudah, ketikkan ATTRIB -H -R -S /S /D X dan ganti X dengan nama Drive seperti sebelumnya. Nah, selama proses berjalan, hindari aktivitas bermain komputer lainnya agar lebih optimal.

Memulihkan File yang Tersimpan Dengan Menggunakan Recuva

Kalau Recycle Bin, kalian pasti sudah pernah mendengarnya. Namun bagaimana dengan Recuva ini? Recuva adalah sebuah softwarefile receivery yang sangat mudah penggunaanya, berfokus untuk mengatasi file yang terhapus dari komputer setelah tidak dibaca Recycle Bin.  Sekalipun Recuva menawarkan tool yang berbayar, kalian tetap bisa menikmati fasilitas gratisnya dengan melakukan penginstalan. Pada recuva, kalian hanya perlu memilih partisipasi penyimpanan file.

✅REKOMENDED:  Ketahui Cara Ganti Processor Laptop Paling Mudah

Pemilihan partisipasi penyimpanan file dilakukan agar file terpindai dengan baik. Jika file sudah terpindai, Recuva ini akan menunjukkan secara otomatis semua file yang tadinya sudah hilang karena terhapy dari partisipasi. Centang pada bagian checkbox yang berada pada bagian kiri layar agar bisa memindai khusus file yang kalian pilih untuk dikembalikan lagi. Jika sudah, kalian hanya perlu menekan tulisan Recover. Dengan ini file yang kalian inginkan bisa kembali.

Memulihkan File yang Terhapus Dengan Menggunakan MiniTool Power

Tips mengatasi file yang terhapus dari komputer yang terakhir adalah dengan memanfaatkan aplikasi MiniTool Power Data Recovery. Meskipun kalian hanya bisa mengembalikan file dengan ukuran tidak lebih dari 1GB, kalian tetap bisa menikmati segala kelebihan yang tidak ditemukan di aplikasi Recuva. Tool yang satu ini bisa memperlihatkan semua folder yang terhapus tanpa perlu bersusah payah memilah mana file yang kalian cari dalam folder tersebut.

Nah, demikianlah tios mengatasi file yang terhapus dari komputer yang bisa segera kalian lakukan untuk memulihkan file penting kalian. Cari dulu menggunakan Recycle Bin, jika tetap tidak ada baru  kalian bisa menggunakan aplikasi yang lain untuk mencari kembali file yang hilang dan memulihkannya pada tempat sebelumnya. Pakai aplikasi yang sekiranya mudah kalian pahami dan kalian terapkan ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

error: HAYOO MAU NYOLONG YA !!