Cara pengecekan serial number laptop

8 Cara Pengecekan Serial Number Laptop Mudah

Serial Number, kalian pasti pernah mendengarnya bukan. Nah, Serial Number atau biasa disingkat dengan S/N ini termasuk kumpulan kode penting yang menyatakan keaslian dari identitas yang ada pada semua perangkat elektronik dan teknologi modern masa kini. Baik itu smartphone, monitor, tablet, bahkan laptop semua memiliki serial number ya masing-masing. Nah, berikut ada delapan cara pengecekan serial number laptop yang bisa kalian contoh dengan baik.

Sebenarnya, kebanyakan serial number ini berisikan kode gabungan antara 22 karakter mulai dari angka dan juga huruf kapital yang memiliki perbedaan satu sama lain. Meskipun kelihatannya sepele, melakukan pengecekan terhadap serial number sangat perlu dilakukan agar kalian bisa memastikan apakah perangkat digital yang kalian beli termasuk perangkat asli dari merk tersebut  atau tidak. Faktanya, banyak sekali masyarakat yang kurang faham terkait ini.

Berikut adalah Cara  Pengecekan Serial Number Laptop

Cek Serial Number Melalui Program PC

Cara pengecekan serial number yang pertama yaitu melalui BIOS. Nah, BIOS ini termasuk jenis program inti dari sebuah laptop maupun PC. Jadi, inilah kelebihan dari BIOs, mereka telah menyediakan semua jenis informasi yang kalian butuhkan. Jadi di sini, kalian bisa mengetahui mulai dari informasi terkecil perangkat keras laptop tersebut, hingga serial number dari laptop yang kalian pakai saat ini. Pengecekannya  cukup mudah jika kalian bisa mengikuti aturannya.

✅REKOMENDED:  Cara Root Hp Samsung Tanpa PC 100% Berhasil 2021

Langkah pertama, kalian bisa mematikan laptop kemudian menekan tombol power agar laptop kembali nyala, kemudian kalian bisa menekan keyboard dengan rumus F2/FN+F2 berulang kali sampai berhasil dan muncul menu otomatis. Menu BIOS, adalah menu yang berisi semua informasi. Di sini kalian bisa menemukan informasi yang kalian butuhkan akan kepentingan laptop, bahkan nomor seri dari laptop sudah tersedia di sana. Cukup mudah bukan.

Cek Serial Number Dengan Bantuan Perintah Windows PowerShell

Jika kalian tidak bisa menemukan informasi pada belakang body laptop, maka kalian bisa melakukan cara pengecekan serial number dengan bantuan perintah dari windows powershell 10/11. Ya mengingat, di windows ini terdapat program yang ternyata tidak jauh berbeda dari Windows sebelumnya. Di sini kalian bisa menggunakan sebuah barisan yang berisi perintah untuk bisa memperlihatkan nomor seri dari laptop yang kalian pakai, bahkan bisa jauh lebih kompleks.

Langkah pertama yang bisa kalian terapkan adalah dengan menekan tombol start pada menu yang terdapat dalam windows 10/11 milik kalian. Kemudian kalian bisa memanfaatkan windows pencarian untuk mencari letak dari program windows PowerShell. Jika sudah, pilih tulisan Run as Administratordan kalian bisa bebas memberikan perintah apapun, bahkan perintah untuk bisa melihat serial number pada laptop akan keluar dengan cepat.

✅REKOMENDED:  Cara Melacak Nomor Handphone Lewat Internet Paling Mudah

Cek Serial Number Dengan Perintah CMD

Cara pengecekan serial number yang selanjutnya dengan menggunakan Command Prompt pada windows. Jadi dengan memanfaatkan perintah dari CMD ini, kalian bisa melihat semua informasi yang kalian butuhkan mengenai komponen penting dari laptop. Menarik bukan, semua informasi sudah disediakan di sini, bahkan semua opsi perbaikan ketika terjadi suatu kesalahan pada sistem kerja laptop, kalian bisa mengatasinya dengan bantuan perintah dari CMD ini.

Untuk langkah yang pertama, kalian bisa menyentuh ikon Start Menu yang terdapat dalam Taskbar Windows. Jika sudah, kalian bisa klik kanan pada Command Prompt di kolom pencarian, maka kalian akan dibawa pada oenu Run as administrator. Langkah selanjutnya pada tampilan CMD, kalian bisa mengetikkan sebuah perintah yang ingin kalian ketahui, kemudian tekan enter dan tunggu hingga informasi pada layar keluar, termasuk dengan serial numbernya.

Cek Serial Number Pada Belakang Laptop

Umumnya setiap jenis laptop selalu menyediakan stiker dimana berisi semua informasi yang disampaikan secara ringkas terkait komponen penting laptop yang suatu saat dibutuhkan. Jadi di stiker tersebut berisi nama model laptop, merek laptop, temost produksi, tegangan, hingga nomor serial yang dibutuhkan. Nah, ini adalah cara  pengecekanr serial number paling mudah yang bisa kalian lakukan karena cukup melakukan pengecekkan langsung  dibelakang body laptop ya.

✅REKOMENDED:  Harga Handphone Samsung Keluaran Terbaru September 2021

Cek Alternatif Number Menggunakan Alternatif Lain

Selain dengan beberapa langkah di atas, kalian bisa melakukan pengecekan serial number pada laptop menggunakan alternatif lain. Nah, caranya dengan melakukan penginstalan aplikasi menggunakan pihak ketiga. Namun tidak semua merek laptop mau menerima aplikasi pihak ketiga ini, jika semua cara diatas tidak berfungsi kalian terpaksa harus mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga ini untuk memastikan keaslian dari perangkat elektronik yang kalian miliki.

Cobalah terlebih dahulu melakukan pengecekan dengan melihat serial number di belakang laptop, jika memang tidak ada kalian bisa melakukan cara pengecekan serial number dengan melihat dibelakang kalian bisa melihatnya dengan metode yang mudah kalian pahami, jika masih belum mendapatkan keterangan yang kalian inginkan, kalian bisa melakukan pengecekan dengan alternatif lainnya namun tetap perhatikan,  kalian harus gunakan standar sesuai laptop kalian.

Nah, itulah kumpulan cara pengecekan serial number laptop yang bisa kalian terapkan sekarang juga untuk mengecek keasliannya. Kalian bisa memilih salah satu langkah yang menurut kaian itu yang paling mudah untuk kalian lakukan. Semua metode di atas tentu bisa kalian lakukan untuk mengecek semua jenis merek pada laptop, jadi tidak hanya untuk mengecek serial number, karena semua informasi mengenai laptop sudah tersedia di sana. Semoga berhasil!

error: HAYOO MAU NYOLONG YA !!