Tips membersihkan laptop dengan tepat

Ingin Laptop Kalian Terlihat Baru Lagi? Yuk, ikuti Tips Membersihkan Laptop Dengan Tepat!

Di tengah gencatan teknologi modern saat ini, sebagan besar masyarakat Indonesia pasti memiliki yang namanya laptop. Salah satu alat penunjang kebutuhan masa depan. Baik mahasiswa, pelajar, bahkan para pekerja sekalipun saat ini pasti membutuhkan yang namanya laptop. Intensitas penggunaan dari laptop yang tinggi ini cenderung membuat laptop lebih cepat kotor. Untuk itu, ikuti tips membersihkan laptop dengan tepat seperti di bawah ini.

Menjaga kebersihan laptop sangatlah penting, yang menurut kita bersih pun bekum tentu kepastiannya. Karena kuman di laptop cenderung tidak terlihat, jika kalian abai akan masalah yang dianggap spele ini, kalian akan merasakan dampak negatifnya nanti. Sebelum mulai membersihkan laptop, pastikan kalian sudah menyiapkan beberapa bahan-bahan pendukung seperti kapas dan juga alkohol sopropil. Jangan lupa juga untuk menyiapkan sikat pembersih ya.

Berikut adalah Tips Membersihkan Laptop Dengan Tepat yang Segera Dilakukan

Bersihkan Bagian Kipas Pendingin Laptop yang Berada Di Samping

Jadi tips membersihkan laptop dengan tepat yang pertama adalah memberikan bagian pada kipas pendingin dan perangkat dalam pada laptop dengan kemoceng. Kipas pendingin ini biasanya terletak pada bagian samping maupun bawah laptop. Jika dengan kemoceng membersihkan kipas pendingin dirasa kurang bersih, kalian juga bisa menggunakan cotton bud untuk mengorek bagian dalam perangkat tersebut. Lakukan  dengan pelan agar tidak merusak fungsi kipasnya.

✅REKOMENDED:  8 Cara Pengecekan Serial Number Laptop Mudah

Siapkan Cairan Alkohol Sebagai Cairan Pembersih pada Laptop

Nah, sebelum kalian melakukan tahap pembersihan laptop menggunakan cairan alkohol ini, pastikan bahwa laptop kalian tidak sedang dalam keadaan nyala atau bahkan sedang dicharge. Karena itu akan mempengaruhi kinerja dari laptop jika sampai terlewatkan. Gunakan cairan alkohol yang tepat seperti halnya alkohol sopropil agar layar tidak mengalami kerusakan. Jika layar non LCD, kalian bisa menggunakannya dengan campuran sabun cuci piring dengan air ya.

Lakukan Perendaman Spons dengan Cairan Pembersih yang Sudah Disiapkan

Jika cairan pembersih laptop sudah kalian siapkan, tips membersihkan laptop dengan tepat selanjutnya adalah dengan melakukan perendam pada spons dengan cairan pembersih selama beberapa saat dan tunggu hingga spons menyerap dengan baik. Jadi jangan membersihkan layar dengan bantuan bahan yang teksturnya kasar ya. Kalian bisa memakai spons agar tidak membuat goresan pada permukaan lapatop.

Peras Spons Agar Tidak Membawa Terlalu Banyak Air

Sebelum kalian menerapkannya langsung dalam permukaan laptop, pastikan spons yang sudah kalian rendam di awal tadi sudah diperas dengan baik dan tidak menyisakan banyak air. Bayangkan jika spons kalian mengandung air yang melimpah, ketika mengaplikasikan langsung pada laptop, ternyata air tersebut membasahi laptop dan masuk merusak jaringan sistem. Pasti akan terjadi kendala berupa laptop yang konslet bukan. Jadi lakukan dengan benar ya.

✅REKOMENDED:  Spesifikasi dan Ulasan Secara Lengkap MacBook Pro M1 13 Inci 2020

Lap dan Bersihkan Bagian Terluar Dari Laptop Dengan Pelan

Tidak perlu tergesa, tips membersihkan laptop dengan tepat ini juga diperlukan ketelatenan agar tidak menimbulkan kerusakan pada laptop. Jadi lap spons pada bagian terluar laptop, pastikan semua tidak ada yang terlewati ya. Jika sudah, lap kembali laptop menggunakan sebuah kain berbahan dasar microfobier. Untuk bagian samping dan bagian pori pada laptop, kalian bisa menggunakan kapas dan cotton bud yang ujungnya sudah dicelupkan pada cairan pembersih.

Pastikan Juga Untuk Membersihkan Bagian Keyboard Pada Laptop

Seperti halnya layar laptop dan bagian terluar laptop, kalian juga harus membersihkan keyboard. Keyboard inilah yang seringkali menumpuk debu-debu kotor, minyak, kotoran, bahkan tempahan makanan yang menempel pada sela keyboard. Untuk melakukan pembersihan pada bagian ini, kalian bisa membuka menghadapkan laptop kebawah, kemudian goyangkan laptop dengan hati-hati untuk melepas kotoran-kotoran kecil yang tersisa.

Jangan Lupa Untuk membersihkan tuts pada keyboard dengan menggunakan kapas yang sudah dibasahi alkohol isopropil, kemudian keras kapas tersebut. Pastikan kalian membersihkan tuts alkohol dengan pelan dan menyeluruh. Perhatikan kembali, jangan sampai ada air yang menetes atau bahkan masuk pada celah tuts yang berujung pada bagian dalam. Tips membersihkan alkohol dengan tepat yaitu dengan akohol isopropil yang mudah menguap dengan mudah.

✅REKOMENDED:  Laptop Cepat Panas? Inilah Cara Mudah Mengatasinya

Bersihkan Layar  Dengan Kain Mikrofiber yang Sudah Disemprot Pembersih

Pada bagian membersihkan layar ini bukan bagian yang mudah dan bisa dilakukan dengan asal-asalan ya. Kalian bisa memanfaatkan kain berbahan dasar  mikrofiber basah yang sudah disemprot langsung dengan cairan pembersih dari alkohol isoproil. Untuk menyekanya, kalian harus hati-hati agar menghindari lecet pada layar LCD laptop, bersihkan dengan satu arah saja, usap dengan menyeluruh pada garis-garis pembatas layar..

Keringkan Layar Dengan Kain Mikrifiber yang Kering

Tips membersihkan laptop dengan tepat selanjutnya adakah dengan mengeringkan layar yang basah tadi dengan kain berbahan mikrofiber yang kering. Pastikan semua bagian sudah mengering secara menyeluruh ya. Jika sudah, pastikan juga untuk membersihkan perangkat eksternal laptop. Misalnya saja pada hard disk atau mouse agar perangkat eksternal tersebut juga bebas dari kuman dan kotoran.

Nah, itulah tips membersihkan laptop dengan tepat. Ingat bahwa laptop termasuk alat teknologi yang mudah sekali tergores. Jadi jika kalian ingin laptop kalian kembali terlihat seperti baru, ketika membersihkannya pun kalian juga harus menjaganya dengan hati-hati. Perhatikan setiap tindakan yang kalian ambil agar tidak terjadi kerusakan pada sistem laptop ya. Perhatikan juga pada cairan alkohol yang kalian pakai. Selamat mencoba mulai dari sekarang!

error: HAYOO MAU NYOLONG YA !!