Merawat laptop gaming

7 Tips Merawat Laptop Gaming agar Tetap Awet

Laptop gaming merupaka laptop khusus yang bisa kamu gunakan untuk bermain game. Tentunya spek laptop ini jauh lebih baik apabila dibandingkan dengan laptop pada umumnya. Ada cara merawat laptop gaming yang bisa kamu coba.

Perawatan yang tepat tak hanya akan membuat umur laptop panjang, namun bisa membuat performanya tetap stabil. Agar tak salah ketika menggunakan laptop, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Cara Mudah Merawat Laptop Gaming

Merawat laptop khusus gaming sebenarnya tak berbeda jauh dengan laptop biasa. Tapi ada beberapa aspek yang perlu kamu perhatikan, yakni:

  1. Pakai Sistem Pendingin Tambahan

Di pasaran umumnya laptop gaming sudah termasuk dengan kipas anginnya seagai perangkat penunjang. Fungsi kipas ini untuk membuat laptop tetap dingin ketika digunakan secara terus menerus.

Meski bisa membantu mendingkan laptop gaming, kipas ini juga memiliki batasan umur. Cara merawat laptop gaming yang tak boleh kamu lupakan adalah mengganti kipas jika memang sudah tak layak digunakan.

Dengan penggantian kipas menjadi baru, maka laptop tetap bisa berfungsi secara optimal. Kamu sebaiknya juga rutin membersihkan kipas, sehingga kipas dapat bekerja dengan baik dan umurnya bisa lebih panjang.

  1. Membersihkan Laptop Secara Rutin

Meski sepele, namun membersihkan laptop bisa memberikan pengaruh yang baik pada kesehatan laptop. Menjaga kebersihan laptop bisa dilakukan dengan melakukan servis sexararutin.

✅REKOMENDED:  Penyebab Serta Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Pembersihkan tak hanya sekedar mengelap monitor dan membersihkan keyboard, namun juga membersihkan komponen yang ada di bagian dalam. Cara lain yang direkomendasikan untuk merawat laptop gaming adalah memberikan lapisan tambahan pada prosesor.

Membersihkan laptop juga bisa berupa pengecekan software yang kamu gunakan. Lakukan update secara berkala untuk memudahkanmu menggunakan laptop tersebut untuk beraktifitas.

  1. Perhatikan Penggunaan Baterai

Jangan sering menghabiskan baterai laptop sampai 0 persen. Ini akan membuat laptop milikmu lebih mudah rusak. Jika baterai laptop memang sudah habis, kamu bisa mengecasnya terlebih dahulu.

Kebiasaan menghabiskan baterai laptop sampai 0 persen akan membuat laptop cepat rusak. Batas dan penggunaan baterai laptop akan menurun apabila tidak dipehatikan dengan baik. Ada cara merawat laptop gaming yang bisa kamu lakukan.

Pertama dengan mengaktifkan notifikasi pengingat apabila baterai laptop hampir habis. Kedua, segera melakukan charging apabila notifikasi sudah muncul. Jangan lupa matikan laptop untuk pengisian yang optimal.

  1. Perhatikan Waktu saat Melakukan Charging

Laptop keluaran terbaru memang sudah mampu menjaga aliran baterai, jadi laptop tidak akan kelebihan daya ketika baterainya sudah penuh. Namun kamu tetap harus memastikan bahwa laptop harus segera dicabut jika baterai penuh.

✅REKOMENDED:  3 Cara Mengecek IMEI VIVO Paling Mudah

Cara lain untuk merawat laptop gaming adalah dengan mengatur suhu ruangan, menggunakan cooling pad atau vacuum cooler untuk menjaga suhunya tetap stabil. Nantinya laptop tak mengalami overheat hanya karena masalah pengecasan.

Usahakan untuk tidak menggunakan laptop ketika sedang di cas. Karena bisa membuat umurnya lebih pendek. Jika memang perlu untuk menggunakan laptop, pastikan kamu tak sering sering melakukannya.

  1. Pastikan Laptop Tetap Terisi

Berikutnya adalah memastika bahwa laptop tetap terisi baterainya walau tidak digunakan. Untuk menjaga umur baterai, kamu disarankan menyimpan antara 50 persen sampai 70 persen baterai apabila tidak dipakai.

Jika ingin menyimpan laptop, simpan di suhu antara 20 hingga 25 derajat celcius. Suhu tersebut bisa membantu merawat laptop gaming. Hal yang sama jika kamu tak akan menggunakan laptop tersebut untuk waktu yang lama.

Kamu tetap harus mengisi baterai, karena kemungkinan baterai akan tetap berkurang tanpa dipakai. Dengan begitu, kamu tak akan punya masalah jika hendak menggunakannya kembali nanti.

  1. Perhatikan Waktu Pemakaian

Kadang bermain game memang membuat kamu lupa waktu, namun kamu tetap harus memperhatikan pemakaian laptop gaming milikmu. Jangan sampai karena kamu senang bermain game, kamu terus menggunakan laptop tersebut.

Sebagaimana manusia, laptop gaming juga perlu beristirahat. Apalagi kalau memang sudah dipakai dalam jangka waktu yang lama. Dengan mengistirahat laptop setelah digunakan, maka kamu sudah benar dalam merawat laptop gaming.

✅REKOMENDED:  Ragam Langkah Mengatasi Lupa Password Laptop Yang Terkunci

Tak hanya baik untuk laptopmu, namun juga baik untuk kesehatanmu karena kamu tak terus menerus menatap laptop tersebut. Dengan cara ini kamu bisa menjaga kesehatan laptop dan membuatnya tetap awet.

  1. Gunakan Laptop dengan Baik

Ingat untuk tidak menggunakan laptop dengan baik, sesuai dengan fungsinya. Hindari menggunakan laptop diatas kasur karena membuat panas laptop tak bisa keluar. Selain itu, hindari makan dan minum di dekat laptop karena akan membuat laptop kotor.

Selain itu, ketika laptop menyala, jangan pindah-pindahkan sembarangan karena akan membuat hard disknya cepat rusak. Penggunaan laptop yang sewajarnya merupakan cara merawat laptop gaming yang baik.

Hindari pula mengunduh aplikasi sembarang, karena bisa saja aplikasi tersebut mengandung virus. Memasang anti virus juga bisa kamu lakukan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Masih banyak tips dan cara untuk merawat laptop khusus gaming. Misalnya dengan tidak menggunakan laptop secara berlebihan hingga mengalami overheat. Jika dilakukan terus menerus, kamu akan membuat daya dan performanya turun. Ketika laptop gaming performanya turun, kamu harus mengupgrade RAM-nya atau menggantinya dengan yang baru.

Itulah beberapa cara merawat laptop gaming yang bisa kamu lakukan. Semoga dengan cara tersebut kamu tak perlu khawatir dengan kondisi laptop yang kamu miliki. Laptop gamingmu juga memiliki umur yang panjang, sehingga kamu tak sering menservisnya.

error: HAYOO MAU NYOLONG YA !!