cara mengatasi HP kemasukan air

8 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air dengan Aman

GOHITZZ.COM – HP kemasukan air menjadi masalah yang sering dialami secara tak sengaja. Ketika kemasukan air, kamu bisa mencoba memperbaikinya dulu alih alih dibawa ke tempat reparasi. Ada beberapa rekomendasi cara mengatasi HP kemasukan air yang bisa kamu lakukan.

Saat ini memang sudah banyak HP dengan fitur anti air, tapi belum semua HP memilikinya. Kalau HP mu masih belum tahan air, menjaganya jauh dari cairan bisa jadi cara paling mudah untuk membuatnya tak mudah rusak.

Tapi kalau sudah terlanjur, jangan khawatir, tetap ada cara mengatasinya. Meski cara ini tak menjamin berhasil, namun lebih baik mencobanya terlebih dahulu agar kerusakannya tak semakin parah.

Langkah dan Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

  1. Segera Ambil

Kalau HP mu jatuh ke dalam air, segera ambil dan selamatkan. Cara mengatasi HP kemasukan air ini merupakan langkah pertama yang bisa kamu lakukan.

Kalau HP makin lama terendam air, makin banyak pula air yang akan masuk ke dalam mesin. Ini tentunya akan membuat HP menjadi lebih sulit untuk diperbaiki nantinya.

Karena itu, jika kamu sadar HP mu jatuh ke dalam air, segera ambil dan keringkan. Apabila jatuhnya tak terlalu dalam, besar kemungkinan HP masih bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

  1. Segera Matikan dan Bongkar

Biasanya setelah kemasukan air, HP akan mati. Tapi ketika kamu ambil HP masih menyala, cara mengatasi HP kemasukan air selanjutnya adalah segera mematikannya secara manual dengan tombol on/off.

✅REKOMENDED:  Ternyata Begini 6 Cara Download Video Twitter di Android Mudah

Jangan mencoba menyalakan HP ketika masih dalam keadaan basah, karena akan membuat mesin malah rusak. Jika HP mengalami korsleting, kemungkinan HP malah tak akan bisa digunakan sama sekali.

Kalau HP mu tipe lama, kamu bisa melepas semua bagian yang ada di dalamnya. Baik kartu memori, sim card, bahkan kasing ponsel. Ini akan membuat proses pengeringan berjalan lebih cepat dan maksimal.

Tapi kalau HP mu tak bisa dibongkar, kamu bisa mencopot memori dan kartu sim di dalamnya. Cara mengatasi HP kemasukan air untuk menghindar kartu memori dan sim card mu ikut rusak.

  1. Coba Goyangkan HP

Kamu bisa mencoba menggoyangkan HP jika kemasukan air, tapi kamu harus melakukannya dengan lembut. Cara ini berguna melihat apakah ada air yang masuk ke dalam HP terlalu dalam.

Cara ini juga akan membantumu untuk mengeluarkan air yang tersangkut, terutama di bagian jack handphone, port pengisian daya, bagian speaker dan yang lainnya.

Agar mendapatkan hasil yang lebih aman, kamu bisa menggunakan penyedot debu atau menggunakan peniup. Pastikan menggunakan dari jarak yang aman, sehingga air bisa kering dengan baik. Cara mengatasi HP kemasukan air harus dilakukan dengan hati hati.

  1. Jangan Gunakan Pengering Rambut

Ada yang mengatakan bahwa pengering rambut bisa digunakan untuk mengurangi kadar air di dalam HP yang kemasukan air. Namun hal tersebut salah besar, sebaiknya kamu tak menggunakan pengering rambut untuk mengatasi HP yang kemasukan air.

✅REKOMENDED:  Keunggulan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 9

Panas yang muncul dari pengering rambut malah akan membuat komponen internal rusak, terutama di bagian headset. Panas dari pengering rambut juga bisa membuat komponen di dalam HP meleleh.

Sebaiknya kamu tak menggunakan cara mengatasi HP kemasukan air yang tak berdasar ini. Jika kamu merasa kerusakan HP terlalu parah, kamu bisa membawa HP ke reparasi untuk perbaikan.

  1. Jangan Masukkan ke Dalam Freezer

Hal aneh lain yang sering dilakukan untuk mengatasi HP kemasukan air adalah memasukkannya ke dalam freezer. Padahal ini adalah tindakan yang salah, sebab akan membuat air di dalam HP membeku.

Jika air membeku, maka mengeluarkannya malah akan sulit untuk dilakukan. Apalagi jika kadar air di dalam HP terlalu banyak, kemungkinan HP malah akan mati total karena air yang membeku.

  1. Melakukan Proses Pengeringan

Cara mengatasi HP kemasukan air lainnya adalah melakukan proses pengeringan. Kamu bisa mengeringkannya dengan kipas angin, tisu kering atau lap yang bersih.

Kamu bisa mengelap HP sampai kering untuk memastikan tak ada bagian yang masih basah. Cara ini juga membantumu untuk mengelap bagian HP yang sekiranya kotor.

  1. Menggunakan Silica Gel

Untuk membantu mengeringkan HP dengan maksimal, kamu bisa menggunakan silica gel. Silica gel memang digunakan untuk menyerap air, terutama di bahan bahan yang rentan basah.

✅REKOMENDED:  Spesifikasi Realme 9 : Ponsel Gahar Seharga 3 Jutaan

Cara mengatasi HP kemasukan air dengan silica gel tak sulit, kamu hanya perlu memasukkan HP ke dalam plastik, kemudian memasukkan silica gel ke dalamnya.

Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa mengeringkan HP tersebut selama tiga hari, sehingga air yang ada di dalamnya bisa kering. Cara ini juga akan membuat kelembapan di dalam HP hilang secara perlahan.

  1. Pasang Kembali Semua Bagian

Setelah kamu melakukan semua cara diatas, kemungkinan HP sudah bisa kamu gunakan kembali. Untuk mencobanya, kamu bisa memasang kembali komponen HP yang sudah kamu lepas.

Kemudian nyalakan kembali untuk melihat adakah bagian yang sekiranya rusak. Jika masih tak bisa berfungsi, cara mengatasi HP kemasukan air yang bisa kamu lakukan adalah membawanya ke tempat reparasi.

Meski cara diatas sederhana, namun tetap bisa membantumu untuk mengatasi HP yang kemasukan air. Semoga rincian mengenai cara mengatasi HP kemasukan air diatas dapat membantumu, apalagi kalau kamu punya masalah yang sama. Ingat untuk tidak sembarangan mengeringkan HP yang kemasukan air agar rusaknya tak parah

error: HAYOO MAU NYOLONG YA !!