Tips Menjaga Smartphone

7 Tips Menjaga Smartphone Agar Tahan Lama

GOHITZZ.COM – Di era yang mengandalkan teknologi serba digital saat ini, semua orang cenderung membutuhkan smartphone, bahkan banyak dari mereka yang tidak bisa lepas akan penggunaan dari ponsel pintar ini. Karena berkat kecanggihan yang ditawarkannya, membuat banyak orang merasa candu untuk terus menjelajah secara virtual, untuk itu kalian perlu memperhatikan penggunaan smartphone ya. Berikut adalah tips menjaga smartphone agar awet dan  tahan lama.

Seperti yang kita ketahui, berkat banyaknya aktivitas yang sudah sangat sering dilakukan dengan mengandalkan smartphone atau pansel pintar ini, tentunya akan sangat mengganggu jika suatu saat teknologi canggih yang kalian miliki mengalami kerusakan kan. Kalian harus siap akan konsekuensi seperti ini kedepannya, namun kalian masih bisa kok melakukan pencegahan untuk memperpanjang masa bertahan dari smartphone kalian,Ikuti tips menjaga smartphone berikut ini.

Berikut adalah Tips Menjaga dan Merawat Smartphone yang Harus Kalian Perhatikan

Pasangkan Pelindung Layar Anti Gores  Beserta Casing Anti Banting Pada Smartphone

Dengan memberikan keamanan berupa pelindung layar untuk mencegah goresan demi goresan yang tidak disengaja dan juga casing yang kuat untuk smartphone yang kalian miliki, kalian bisa memberikan pencegahan dan meminimalkan risiko kerusakan ketika smartphone tersebut tidak sengaja terjatuh dan bisa berakibat pecah. Jadi tentu tips menjaga smartphone agar awet yang satu ini sangat perlu kalian terapkan jika kalian ingin smartphone kalian tahan lama ya.

✅REKOMENDED:  Raja Hp Entry Level: Moto G31

Hindari Baterai yang Tersisa 30% dan Pengecasan yang Belum Dikatakan Penuh

Jika kalian ingin smartphone yang bisa bertahan lama, alangkah baiknya kalian menghindari bermain smartphone jika baterai yang kalian miliki berada dalam angka 30%. Karena jika sudah 30%, kalian harus langsung melakukan pengecasan. Ingat juga, jangan sampai mencabut cas jika baterai belum terisi penuh ya. Kapasitas baterai akan cepat menurun jika kalian tidak bisa merawatnya dengan benar. Jadi lakukan tindakan agar baterai mendapatkan arus listrik stabil.

Hindari Penggunaan Smartphone Untuk Hal Apapun Ketika Melakukan Pengisian Daya

Selain mengisi daya sebelum baterai kurang dari 30%, tips menjaga smartphone agar awet yang selanjutnya adalah dengan menghindari penggunaan smartphone ketika melakukan pengisian daya. Sekalipun untuk kepentingan yang mendesak, sebaliknya gunakan smartphone yang lain atau pakailah komputer untuk menyelesaikan pekerjaan kalian. Karena memakai smartphone ketika sedang dalam mode pengecasan sama saja kalian memperpendek jangka panjang pemakaiannya. Ini tentu akan sangat menyusahkan jika baterai smartphone sudah rusak.

✅REKOMENDED:  Ketahui 5 Cara Memindahkan Data Fingerprint ke Komputer Untuk Rekap Absensi

Jika Smartphone Sedang Tidak Digunakan, Sebaliknya Non aktifkan Agar Dingin

Anjuran merawat ponsel yang satu ini memang harus kalian terapkan. Ibaratkan ponsel sama dengan manusia yang juga membutuhkan istirahat. Jika smartphone selalu menyala, itu hanya akan membuat baterai smartphone menjadi lebih cepat mengalami kerusakan. Jadi, dengan melakukan non aktif pada smartphone sama saja kalian sedang melakukan pendinginan pada komponen penting yang sudah bekerja dengan ekstra, misalnya pada prosessor atau pada RAM.

Lakukan Pengecekan Pada Debu-debu yang Bersarang di Lubang Smartphone

Tips menjaga smartphone agar awet selanjutnya adalah dengan rutin melakukan pengecekan pada debu-debu yang ada di Smartphone. Jika dirasa sudah ada debu, bersihkan debu tersebut agar tidak menghambat sistem dan kinerja dari smartphone kalian. Karena debu tersebut bisa menutup ruang tempat keluarnya suhu panas yang dihasilkan dari sistem kerja smartphone. Bayangkan jika banyak debu menutupnya, suhu panas akan sangat berbahaya bagi smartphone kalian.

Gunakan Aplikasi Antivirus dan Lakukan Pengecekan Virus Secara Berkala

Perlu kalian ingat, salah satu faktor kerusakan yang utama pada smartphone yaitu karena banyaknya virus yang menumpuk pada smartphone kalian. Umumnya, virus-virus ini berasal dari spam email, pesan teks, atau bahkan aplikasi yang berbahaya. Untuk itulah kalian perlu menggunakan aplikasi antivirus dan melakukan pengecekan virus pada smartphone secara berkala untuk bisa mencegah kerusakan pada smartphone dan bisa memperpanjang umurnya.

Kurangi Intensitas Pemakai Power bank dan Gunakan Charger Bawaan Smartphone

Mengurangi intensitas pemakaian power bank adalah tips menjaga smartphone agar awet dan sangat dianjurkan jika kalian ingin smartphone bisa bertahan lebih lama. Selain itu, gunakan juga charger bawaan smartphone agar tidak merusak baterai. Karena umumnya kabel dari charger ini memiliki sifat universal, sedangkan kepala charger belum tentu bisa dipakai bersamaan. Hal ini tentu bisa membuat kerusakan smartphone  jika anatara kabel dengan kepala charger tidak cocok.

✅REKOMENDED:  7 Handphone Vivo Dibawah 2 juta Terlaris Oktober 2021

Tidak Memaksa Kinerja Smartphone Bekerja Terus Selama 24 Non Stop

Bagaimana  tidak cepat rusak jika kalian memaksa smartphone bekerja sesuai keinginan kalian. Jika satu dua kali masih bisa dimaklumi, namun jika terus berjalan seperti ini kemungkinan besar smartphone kalian tidak akan bertahan lama. Smartphone juga butuh istirahat sama halnya manusia kan, karena memang smartphone ini memiliki sistem buatan yang membutuhkan baterai. Jika baterai sudah tidak mampu mendukung, ponsel akan ikut drop dan terjadi kerusakan

Nah, demikianlah tips menjaga smartphone agar awet dan bisa tahan lama. Bermain smartphone boleh, namun tetap harus sadar ya, jangan sampai kecanduan membuat banyak sekali mala petaka. Perhatikan efektif kegunaan smartphone dan juga kesehatan kalian, baik sistem tubuh dan sistem kinerja smartphone sama-sama butuh untuk didinginkan dan diistirahatkan.

Pakailah teknologi smartphone dengan bijak sesuai kebutuhan kalian ya. Semoga, informasi mengenai tips menjaga smartphone agar awet dan bisa tahan lama di atas bisa bermanfaat dalam membantu permasalahan kalian dan menyadarkan kalian akan pentingnya bertindak rasional.

error: HAYOO MAU NYOLONG YA !!