cara mengoptimalkan RAM

Cara Mengoptimalkan RAM Laptop dan PC

Laptop dengan RAM yang besar tentu lebih nyaman digunakan. Ini karena RAM besar mampu melakukan multitasking yang lebih baik. Jika laptop yang Anda miliki terlalu kecil, ada cara mengoptimalkan RAM yang bisa Anda lakukan.

RAM yang maksimal cara kerjanya akan membantu Anda untuk melakukan aktifitas baca tulis dalam komputer. Selain itu, sistem menjadi lebih mudah digunakan karena tak perlu menunggu waktu yang lama.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat RAM maksimal dalam pemakaiannya. Dengan panduan berikut ini, laptop atau komputer dengan RAM kecil pun tak akan lemot.

Cara Mengoptimalkan RAM untuk Semua Laptop

Jalankan Proses Pembersihan

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan sebagai cara mengoptimalkan RAM adalah melacak memori yang digunakan. Jika ada banyak aplikasi yang berjalan bersamaan, tentunya kemampuan dan kapasitas RAM akan menurun.

Jika Anda menggunakan laptop Windows, Anda bisa melacak penggunaan memori dengan Task Manager. Aplikasi tersebut akan membantu Anda mengetahui penggunaan memori, pemakaian CPU dan masih banyak lagi.

Untuk menggunakan aplikasi ini juga tak sulit, Anda bisa menggunakan kombinasi tombol Ctrl + Shift + Esc. Nantinya Task Manager akan terbuka secara otomatis dan Anda bisa menjalakannya.

Pastikan Anda menggunakan aplikasi Task Manager tersebut dengan benar. Anda bisa mengakhiri beberapa proses yang tak perlu, tapi ingat untuk tidak menghentikan aplikasi dari sistem. Cara mengoptimalkan RAM cocok untuk semua jenis dan merek laptop.

Lakukan Update pada Software

Berikutnya adalah melakukan pembaruan pada perangkat lunak. Tiap perusahaan software tentunya akan melakukan optimalisasi RAM dengan produk baru yang sudah mereka buat.

Karena itu, ketika Anda mendapatkan pemberitahuan untuk melakukan update software, sebaiknya lakukan sesegera mungkin. Pembaruan tak hanya untuk OS yang Anda miliki, namun juga program lain di perangkat Anda.

Cara mengoptimalkan RAM dengan melakukan pembaruan pada sistem, baik yang kecil atau besar, secara tidak langsung akan membuat peningkatan kerja. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan laptop atau PC tanpa khawatir lemot.

Setel Virtual Memori

Sebagai sistem operasi, Windows memberikan fitur untuk menggunakan ruang disk yang tersedia. Anda bisa memanfaatkannya untuk gudang memori, terutama ketika RAM terpakai secara maksimal.

Untuk melakukannya, Anda bisa mengikuti panduan berikut ini, yakni:

  • Buka menu Settings, kemudian pilih menu Sistem, lanjutkan dengan memilih menu Tentang.
  • Disana Anda akan menemukan menu Setting Advanced.
  • Akan muncul menu Performance, kemudian pilih Settings.
  • Jika sudah, Anda bisa memilih menu Advanced sebagai cara mengoptimalkan RAM.
  • Pilih Ubah, kemudian pilih Virtual Memori.

Dengan melakukan langkah langkah diatas, Windows secara otomatis akan menangani ukuran virtual memory agar RAM dapat berjalan dengan maksimal. Jumlah penggunaan memori bisa Anda sesuaikan dengan sistem yang Anda miliki.

Gunakan Menu Ms Config

Jika ingin lebih cepat untuk melakukan optimalisasi RAM, Anda bisa menggunakan Ms Config. Apalagi banyak aplikasi yang mengaktifkan layanan konfigurasi mereka di bagian background.

Padahal ini akan membuat laptop atau PC menjadi lebih lambat. Untuk mengatasi hal tersebut, ada cara mengoptimalkan RAM yang bisa Anda lakukan, yakni dengan menonaktifkan layanan pihak ketiga,

Untuk menonaktifkannya, Anda bisa menggunakan Msconfig yang ada di perangkat Anda. Cukup aktifkan dengan Window Run, sehingga Anda bisa mengakses tab kofiguras sistem yang nantinya akan Anda Ubah.

Pada bagian ini, bisa saja Anda menemukan menu dari layanan Microsoft. Agar tak melakukan kesalahan, Anda bisa menggunakan fitur hide all Microsoft service untuk memudahkan melakukan setting baru.

Gunakan Aplikasi Browser yang Lain

Chrome sebagai browser bawaan Windows memang memiliki banyak fitur. Namun fitur tersebut mengakibatkan Chrome memiliki banyak resources. Inilah kenapa resource Chrome cukup besar di RAM Anda. Cara mengoptimalkan RAM jika ini masalahnya adalah mengganti browser lain.

Anda bisa memanfaatkan browser lain yang sekiranya memiliki fitur yang serupa dengan Chrome. Sehingga penggunaan resources untuk RAM bisa diminimalisir sekecil mungkin.

Beberapa browser yang direkomendasikan untuk Anda adalah Opera, Midor, hingga Light. Aplikasi browser tersebut juga legal, sehingga aman untuk Anda pakai dalam jangka waktu yang panjang.

Nonaktifkan Program Start Up yang Tak Dibutuhkan

Ada banyak program yang akan Anda temukan di device Anda. Inilah kenapa penting untuk melakukan tips dan cara mengoptimalkan RAM agar laptop tak lambat ketika digunakan.

Anda bisa melakukan non-aktiftasi pada program yang tengah berjalan, atau program yang sekiranya tak Anda butuhkan. Misalnya layanan video atau music streaming, game, dan masih banyak lagi.

Untuk mematikan program yang tak ingin Anda gunakan, bisa memilih menu Task Manager, kemudian pilih Start Up. Disana ada beragam program yang bisa Anda nonaktifkan sehingga tak menumpuk dalam RAM.

Cara mengoptimalkan RAM yang paling penting adalah menggunakan laptop sesuai dengan kapasitas RAM. Jika laptop memiliki RAM yang kecil, hindari menggunakan aplikasi yang membutuhkan banyak ruang.

Hal tersebut malah akan membuat laptop menjadi lambat, sehingga sulit dan tak nyaman untuk digunakan. Dengan mengikuti cara cara diatas, Anda bisa mendapatkan laptop yang cepat dan nyaman ketika pemakaian.

Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan RAM. Meski sederhana, cara mengoptimalkan RAM ini tak sulit untuk dilakukan. Anda juga bisa melakukannya sendiri dengan bantuan langkah langkah yang telah disebutkan diatas. Mudah sekali, bukan?

error: HAYOO MAU NYOLONG YA !!