Sistem keamanan laptop

Yuk, Tingkatkan Sistem Keamanan Laptop Dengan Tujuh Langkah Tepat

GOHITZZ.COM – Laptop maupun komputer, pasti menjadi salah satu perangkat teknologi yang kalian butuhkan saat ini selain ponsel pintar. Karena semakin berkembangnya dunia internet, membuat kita juga harus bisa mengimbanginya. Apalagi, saat ini internet sudah didukung oleh kecanggihan teknologi sehingga bisa  sangat memudahkan aktivitas manusia di berbagai bidang kehidupan. Namun tetap saja, kalian harus tetap berwaspada dengan meningkatkan sistem keamanan laptop.

Sebagai pengguna teknologi yang cerdas, hal semacam ini tentu akan tetap diperhatikan. Karena sebagai pengguna, kalian akan dihadapkan pada situasi dengan berbagai ancaman dunia maya, yang biasa kita kenal dengan cyber. Cyber ini sangat mengkhawatirkan karena ancamannya langsung pada data-data penting di laptop maupun komputer. Sehingga, ini akan membuat privasi yang kalian miliki tersebar jika kalian tidak bisa mencegah dan melakukan pengendalian.

Berikut adalah Tujuh Langkah Tepat Meningkatkan Sistem Kemanan Laptop

Menerapkan Kondisi Incognito Jika Laptop Berada Dalam Mode Luar Ruangan

Nah, jika kalian sedang berpergian dengan membawa laptop, jangan lupa untuk menerapkan fitur Incognito pada laptop. Tips meningkatkan sistem keamanan laptop yang satu ini sangat kalian perlukan jika kalian membutuhkan laptop untuk bisa mengakses sosial media maupun email, yang pastinya membutuhkan internet. Fitur Incognito ini sangat bisa diandalkan dalam hal mengakses data penting meski diranah publik dan data sebelumnya akan tersimpan otomatis.

✅REKOMENDED:  Review Spesifikasi HP Nokia Sebagai HP Legendaris

Perhatikan Aplikasi Beserta IOS yang Ada Dalam Laptop Kalian

Bagi sebagian orang yang belum faham, pasti tidak akan memperdulikan aplikasi yang ada dalam laptopnya, apalagi jika ada IOS versi terbaru, dengan banyak alasan mereka memilih membiarkannya saja, padahal baik aplikasi maupun IPS yang mereka miliki sedang membutuhkan update yang terbaru. Karena menggunakan versi terbaru ini akan membuat laptop maupun komputer kalian tetap aman, bahkan bisa menambah performa dari komputer loh.

Secara Berkala, Lakukan Perubahan Password Agar Laptop Lebih Terjaga

Kapan waktunya merubah password? Pertanyaan semacam ini harus kalian perhatikan. Karena tips meningkatkan sistem keamanan laptop salah satunya dengan rutin merubah password setiap satu tahun sekali. Jika ingin menggantinya setiap enam bukan sekali akan jauh lebih baik. Password ini sangat berfungsi baik untuk menjaga keamanan dari aplikasi dan data-data penting yang kalian miliki, para cyber akan jauh lebih mudah membobol jika password mudah ditebak.

Hindari Pembayaran Online Dari E-commerce yang Tidak Bertanggung Jawab

Jika kalian ingin melakukan transaksi atau pembelian secara online, kalian bisa melakukannya dengan ponsel ya. Namun tetap saja, baik dengan ponsel maupun laptop, kalian harus tetap memperhatikan platform dari e-commerce yang kalian pakai. Perhatikan mana platform e-commerce asli yang terpercaya agar kalian tidak dirugikan. Karena para cyber pasti menggunakan beragam cara untuk mendapatkan keuntungan banyak diantaranya lewat media ini.

✅REKOMENDED:  Macbook Bekas Yang Masih Layak Pakai Di Tahun 2022

Jangan Sesekali Menekan Link Spam yang Menyediakan Layanan Iklan

Apakah kalian salah satu orang yang sudah menerapkan tips meningkatkan sistem keamanan laptop yang satu ini? Jika iya, kalian sangat beruntung. Karena saat ini banyak sekali para pengguna laptop yang menerima spam pesan berantai atau bahkan spam yang langsung muncul pada layar dimana span tersebut berisi layanan iklan, bahkan promosi produk yang menggiurkan. Hati-hati karena itu sangat berbahaya, spam tersebut adalah bentuk dari kejahatan cyber yang mengintai.

Lakukan Backup File Maupun Daya Pentung Secara Berkala

Nah, kalian pasti sangat sering melakukan pekerjaan dengan laptop secara offline dan menyimpan segala data pada Drive penyimpanan yang sudah tersedia di laptop kalian kan. Jika suatu saat laptop kalian terserang virus, sangat besar kemungkinan file-file penting yang sebelumnya kalian simpan di Drive biasa tidak bisa dibuka atau bahkan hilang seketika. Untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, kalian harus rutin melakukan proses backup ya.

Gunakan Antivirus Yang Sesuai dan Menunjang Performa Laptop

Tips Meningkatkan sistem kemanan laptop yang terakhir adalah dengan memperhatikan aplikasi antivirus. Kebanyakan dari kalian mungkin akan asal memilih aplikasi keamanan yang satu ini kan. Nah, mulai saat ini kalian harus mengerti bahwa jika kalian salah memilih aplikasi kemanan, performa dari laptop maupun komputer kalian akan terhambat, bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada kinerja komputer karena sangat membebani performanya.

✅REKOMENDED:  Cara Agar Kamera Laptop Jernih Saat Dipakai Webcam, Simak Ulasannya

Untuk mencegah hal-hal yang bisa membebani kinerja komputer, kalian bisa menggunakan aplikasi antivirus bawaan dari OS di Windows 10. Namun jika masih merasa kurang, kalian bisa memasang satu antivirus yang pastinya cocok untuk laptop kalian. Karena jika aplikasi yang kalian install sangat sesuai, ini bisa mendukung kelebihan laptop yang kalian miliki. Jika tidak ingin salah memilih aplikasi keamanan, kalian bisa membawanya ke konter laptop terdekat.

Nah, itulah tujuh tips meningkatkan sistem keamanan laptop yang harus kalian terapkan mulai dari sekarang jika ingin laptop kalian aman dan terlindungi. Sebenarnya sistem keamanan diatas tidak hanya digunakan untuk laptop, namun para pengguna ponsel pintar juga bisa menerapkannya agar terhindar dari gangguan cyber. Amankan semua file dan data penting kalian, karena para cyber ttentu akan bertindak semaunya dengan segala cara untuk mendapatkan keuntungan.

Mereka jelas memburu file-file penting yang sedang diincar, data diri dari orang yang diincar, atau bahkan mereka mengincar keuangan yang kalian miliki. Terapkan tips meningkatkan sistem keamanan laptop ini secara berkala untuk bisa mengantisipasi kejahatan cyber lebih awal. Semoga, informasi di atas dapat membantu permasalahan kalian ya.

error: HAYOO MAU NYOLONG YA !!