Apa Itu Kecerdasan Buatan atau AI?

Kecerdasan Buatan AI– Singkatnya, kecerdasan buatan (Artificial Intelligence yang disingkat AI) adalah sistem atau mesin yang mampu meniru perilaku manusia untuk melakukan tugas-tugas tertentu dan secara bertahap dapat belajar dari informasi yang diterimanya. AI memiliki banyak ciri tersendiri seperti:

  • Chatbots menggunakan AI untuk menganalisis permintaan pelanggan dengan cepat dan memberikan tanggapan yang sesuai
  • “asisten pintar” menggunakan AI untuk mengekstrak informasi dari kumpulan data besar dalam bentuk bebas dan mengoptimalkan perencanaan
  • Mesin rekomendasi secara otomatis memilih program TV serupa untuk pengguna berdasarkan yang telah ditonton sebelumnya.
kecerdasan buatan
kecerdasan buatan

AI bukanlah format atau fungsi, itu adalah proses dan kemampuan untuk berpikir dan menganalisis data. Terlepas dari kenyataan bahwa banyak orang berpikir robot humanoid cerdas mengambil alih dunia ketika mereka menyebutkan “kecerdasan buatan“, kenyataannya adalah bahwa AI tidak dimaksudkan untuk menggantikan manusia. Tujuannya adalah untuk memperluas batas kemampuan dan kemungkinan manusia.

Saat ini, istilah “AI” banyak digunakan untuk merujuk pada aplikasi untuk tugas-tugas kompleks yang sebelumnya hanya mungkin dilakukan oleh manusia, seperti layanan pelanggan atau bermain catur. Ini sering digunakan sebagai sinonim untuk pembelajaran mesin dan pembelajaran mendalam, yang sebenarnya merupakan subbidang ilmu kecerdasan buatan dan memiliki kekhususannya sendiri. Misalnya, pembelajaran mesin berfokus pada membangun sistem yang belajar dan berkembang dengan memproses dan menganalisis data. Penting untuk dipahami bahwa jika pembelajaran mesin selalu melibatkan penggunaan AI, maka AI tidak selalu berarti pembelajaran mesin.

✅REKOMENDED:  Inilah Jenis Kecerdasan Buatan yang Eksis Di Tahun Ini

Untuk memanfaatkan kekuatan AI untuk bisnis Anda yang terbaik, Anda perlu merekrut ilmuwan data. Ilmu data adalah bidang di persimpangan statistik dan ilmu komputer yang menggunakan metode kedua disiplin ilmu ini untuk analisis bisnis data yang diperoleh dari berbagai sumber.

Manfaat AI untuk perusahaan

AI memungkinkan untuk mereproduksi dan meningkatkan cara seseorang memandang dunia di sekitarnya dan bereaksi terhadapnya. Apa yang menjadikan AI sebagai landasan yang kuat dalam fondasi teori inovasi. Menggunakan berbagai bentuk pembelajaran mesin yang mengenali pola prediktif dalam data, AI dapat menambah nilai bisnis Anda dengan:

  • Membantu untuk menggunakan potensi penuh dari data
  • Membuat prakiraan yang andal dan mengotomatiskan tugas-tugas kompleks.

Teknologi bertenaga AI membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja dengan mengotomatiskan proses dan tugas yang sebelumnya dilakukan oleh manusia. AI juga mampu menginterpretasikan volume data yang tidak dapat diinterpretasikan oleh manusia. Keterampilan ini dapat membawa manfaat bisnis yang signifikan.

✅REKOMENDED:  Review Samsung Galaxy S21 FE 5G

Apa yang mendorong adopsi AI?

Ketersediaan sumber daya komputasi berkinerja tinggi dengan harga murah. Kehadiran berbagai sumber daya komputasi di awan telah membuat mereka tersedia untuk khalayak luas. Sebelumnya, sistem komputasi AI bersifat lokal dan sangat mahal.

Ketersediaan data dalam jumlah besar untuk pelatihan. Untuk mengajarkan AI membuat prediksi yang akurat, ia harus memproses data dalam jumlah besar. Munculnya berbagai cara untuk pelabelan data, serta cara sederhana dan terjangkau untuk menyimpan dan memproses data terstruktur dan tidak terstruktur, memungkinkan semakin banyak perusahaan untuk membuat dan melatih algoritme AI.

Keunggulan kompetitif AI. Semakin banyak perusahaan yang menyadari keunggulan kompetitif AI untuk bisnis dan menjadikan adopsi teknologi ini sebagai prioritas. Misalnya, rekomendasi AI khusus membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik dengan lebih cepat. AI juga menawarkan banyak alat dan peluang untuk memangkas biaya dan mengurangi risiko, mempercepat waktu ke pasar, dan banyak lagi.

Mitos Umum Tentang AI Perusahaan

Enterprise AI membutuhkan solusi internal

Fakta. Sebagian besar perusahaan mengadopsi AI menggunakan pengembangan internal dan solusi siap pakai dari vendor pihak ketiga. Teknologi AI internal memungkinkan perusahaan untuk memecahkan tantangan uniknya, sementara solusi AI yang tersedia mudah diterapkan dan menyederhanakan solusi dari masalah bisnis yang lebih umum.

✅REKOMENDED:  Ponsel dengan Harga Sensasional Xiaomi Poco F3

AI secara ajaib langsung memberikan hasil yang diinginkan

Fakta. Dibutuhkan waktu, perencanaan yang matang, dan visi yang jelas tentang apa yang perlu dicapai untuk memberikan nilai yang berarti dari teknologi AI. Perlu mengambil pendekatan berulang dan memiliki strategi tertentu agar lingkungan AI tidak berakhir sebagai kumpulan solusi yang tidak berguna dan berbeda.

Karyawan tidak perlu menjalankan sistem AI perusahaan

Fakta. Kecerdasan buatan perusahaan bukanlah robot yang tidak dapat dikendalikan. Nilai AI terletak pada kenyataan bahwa ia melengkapi kemampuan manusia dan membantu karyawan untuk menyelesaikan tugas-tugas penting yang lebih strategis. Selain itu, itu tergantung pada karyawan berdasarkan data apa yang akan digunakan oleh teknologi dan bagaimana ia akan menggunakan data ini.

Baca juga : Cara Memperbaiki Router Wifi yang Tidak Bisa Connect Secara Mandiri

Beberapa perusahaan memanfaatkan potensi penuh AI, karena beberapa alasan. Salah satunya adalah biaya komputasi AI terlalu tinggi ketika perusahaan tidak menggunakan cloud. Yang kedua adalah bahwa solusi berbasis AI sulit untuk dikembangkan. Ulasan mengenai kecerdasan buatan ada karena perkembangan teknologi terus berjalan. Sekian dan Terimakasih sudah membaca ulasan kami.

error: HAYOO MAU NYOLONG YA !!