kecerdasan buatan
kecerdasan buatan

Inilah Jenis Kecerdasan Buatan yang Eksis Di Tahun Ini

Kecerdasan buatan adalah sebuah teknologi yang dibuat oleh manusia dengan tujuan untuk melakukan dan menggantikan tugas manusia. AI dibuat untuk membantu pekerjaan komputasi dan memiliki kemampuan untuk mempelajari juga mengevaluasi setiap kesalahan dalam tigas yang tak pernah dia kerjakan untuk memaksimalkan pekerjaan selanjutnya.

Menurut infomrasi terbaru, kecerdasan buatan memang sudah eksis di dalam dunia digital saat ini. apalagi di era 4.2 dengan era yang identic dengan system komputasi buatan yang kompleks untuk memudahkan pekerjaan manusia saat ini. tapi tahukah anda tentang jenis-jenis dari AI sendiri? Buat yang penasaran yuk simak artikel berikut ini.

Yuk kenali berbagai jenis AI! Inilah Empat Jenis Kecerdasan Buatan yang Eksis Di Tahun Ini

·         Mesin Reaktif

Mesin reaktif mengikuti prinsip AI paling dasar dan, seperti namanya, jenis SI ini hanya mampu menggunakan kecerdasannya untuk melihat dan bereaksi terhadap dunia di depannya. Mesin reaktif tidak dapat menyimpan memori dan akibatnya tidak dapat mengandalkan pengalaman masa lalu untuk menginformasikan pengambilan keputusan secara real-time.

Memahami dunia secara langsung berarti bahwa mesin reaktif dirancang untuk menyelesaikan hanya sejumlah tugas khusus yang terbatas. Namun, mempersempit pandangan dunia mesin reaktif secara sengaja bukanlah tindakan pemotongan biaya apa pun, dan sebaliknya berarti bahwa jenis AI ini akan lebih dapat dipercaya dan dapat diandalkan karena AI ini akan bereaksi dengan cara yang sama terhadap rangsangan yang disa dapat setiap saat.

Contoh terkenal dari mesin reaktif adalah Deep Blue, yang dirancang oleh IBM pada tahun 1990-an sebagai superkomputer yang bermain catur dan mengalahkan grandmaster internasional Gary Kasparov dalam sebuah permainan.

Deep Blue hanya mampu mengidentifikasi bidak-bidak di papan catur dan mengetahui bagaimana setiap gerakan berdasarkan aturan catur, mengenali posisi masing-masing bidak saat ini, dan menentukan langkah apa yang paling logis pada saat itu.

Komputer tidak mengejar gerakan potensial di masa depan oleh lawannya atau mencoba menempatkan bagiannya sendiri di posisi yang lebih baik. Setiap belokan dipandang sebagai realitasnya sendiri, terpisah dari gerakan lain yang dibuat sebelumnya.

Contoh lain dari mesin reaktif bermain game adalah Google AlphaGo. AlphaGo juga tidak mampu mengevaluasi gerakan di masa depan tetapi bergantung pada jaringan sarafnya sendiri untuk mengevaluasi perkembangan game saat ini, memberikan keunggulan atas Deep Blue dalam game yang lebih kompleks. AlphaGo juga mengalahkan pesaing game kelas dunia, mengalahkan pemain juara Go Lee Sedol pada 2016.

Meskipun cakupannya terbatas dan tidak mudah diubah, kecerdasan buatan mesin reaktif dapat mencapai tingkat kerumitan, dan menawarkan keandalan saat dibuat untuk memenuhi tugas yang berulang.

·         AI Memori Terbatas

Kecerdasan buatan memori terbatas memiliki kemampuan untuk menyimpan data dan prediksi sebelumnya saat mengumpulkan informasi dan menimbang keputusan potensial. Kemampuan AI ini pada dasarnya melihat ke masa lalu untuk petunjuk tentang apa yang mungkin terjadi selanjutnya. Kecerdasan buatan memori terbatas memiliki system yang lebih kompleks dan menghadirkan kemungkinan yang lebih besar daripada mesin reaktif.

AI memori terbatas dibuat saat tim terus-menerus melatih model tentang cara menganalisis dan memanfaatkan data baru atau lingkungan. Sehingga AI dibangun dan memiliki model dapat dilatih dan diperbarui secara otomatis.

Saat memanfaatkan AI memori terbatas dalam pembelajaran mesin, enam langkah harus diikuti: Data pelatihan harus dibuat, model pembelajaran mesin harus dibuat, model harus dapat membuat prediksi, model harus dapat menerima umpan balik manusia atau lingkungan, bahwa umpan balik harus disimpan sebagai data, dan langkah-langkah ini harus diulang sebagai siklus.

·         AI dengan Teori pikiran

Theory of Mind adalah konsep yang dipakai dari AI yang satu ini. Kami belum mencapai kemampuan teknologi dan ilmiah yang diperlukan untuk mencapai tingkat kecerdasan buatan berikutnya.  Konsep tersebut didasarkan pada pemahaman premis psikologis bahwa makhluk hidup lain memiliki pikiran dan emosi yang mempengaruhi perilaku diri seseorang.

Dalam hal mesin AI, ini berarti AI dapat memahami bagaimana perasaan manusia, hewan, dan mesin lain dan membuat keputusan melalui refleksi dan tekad diri, dan kemudian akan memanfaatkan informasi itu untuk membuat keputusan sendiri.

Pada dasarnya, mesin harus mampu memahami dan memproses konsep “pikiran”, fluktuasi emosi dalam pengambilan keputusan dan serangkaian konsep psikologis lainnya secara real time, menciptakan hubungan dua arah antara manusia dan kecerdasan buatan.

·         Kesadaran diri

Begitu Theory of Mind dapat dibangun dalam kecerdasan buatan, suatu saat jauh di masa depan, langkah terakhir adalah AI menjadi sadar diri. Kecerdasan buatan semacam ini memiliki kesadaran tingkat manusia dan memahami keberadaannya sendiri di dunia, serta kehadiran dan keadaan emosional orang lain.

Itu akan dapat memahami apa yang mungkin dibutuhkan orang lain tidak hanya berdasarkan apa yang mereka komunikasikan kepada mereka tetapi bagaimana mereka mengomunikasikannya. Kesadaran diri dalam kecerdasan buatan bergantung baik pada peneliti manusia yang memahami premis kesadaran dan kemudian belajar bagaimana mereplikasinya sehingga dapat dibangun ke dalam mesin.

Demikian artikel tentang kecerdasan buatan semoga memberikan manfaat dan sekian terimakasih.

✅REKOMENDED:  Ulasan Smartphone Snapdragon Insiders Keluaran Asus
error: HAYOO MAU NYOLONG YA !!